Jangan tak Berkerudung kalau Datang ke Sudan

Written By Unknown on Sabtu, 07 Maret 2015 | 16.24

SARINA AINI BIDINSYAH, Mahasiswa S3 di Islamic Omdurman University Jurusan Fiqh Muqarran, melaporkan dari Sudan

NEGARA yang mempunyai Sungai Nil terbesar ini merupakan negara terluas di benua Afrika dan negara-negara Arab lainnya. Khartoum adalah ibu kota Sudan yang terletak di jalur pertemuan dua Nil, yaitu Nil putih (Abyadh) dan Nil biru (Azraq).

Struktur sosial budaya Sudan terdiri atas satuan-satuan lepas yang berganda. Terdapat sekitar 600 kelompok etnis yang berbeda antara satu sama lain di sini, terutama penduduk di bagian utara dan selatan. Mereka terdiri atas kabilah-kabilah yang berpencar-pencar dan nomaden.

Kebudayaan Sudan merupakan campuran dari unsur budaya Islam dan Afrika. Islam masuk ke Sudan pada abad ke-7 melalui pedagang Arab yang melintasi Laut Merah dan masuk ke daerah Nubiah dan Bija di timur laut Sudan.

Hukum Islam menjadi landasan negara Sudan yang mayoritas penduduknya bermazhab Maliki. Sampai pada soal pakaian perempuan pun ditentukan oleh penguasa. Tidak berkerudung dan memakai celana panjang adalah hal yang sangat dilarang bagi muslimah di Sudan, kecuali bagi para pejabat dan prajurit perempuan.

Sanksi yang dikenakan terhadap pelanggaran tersebut adalah hukuman (uqubat) cambuk 40 kali atau denda USD 200, atau dipenjarakan selama satu bulan. Jadi, kalau Anda, terutama yang perempuan berkunjung ke negara ini, usahakanlah memakai kerudung dan rok, agar tidak dipandang sinis oleh penduduk setempat.

Dari segi budaya tidak banyak orang Indonesia yang tahu tentang adat istiadat negara Sudan. Kebanyakan orang beranggapan, Sudan adalah hanya salah satu negara Arab. Sebenarnya Sudan adalah negara yang unik karena merupakan kombinasi budaya antara Arab dan Afrika. Anehnya, sebagian dari pakaian atau pernak-pernik yang digunakan oleh para wanita di Sudan itu cenderung mirip dengan budaya India.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jangan tak Berkerudung kalau Datang ke Sudan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/03/jangan-tak-berkerudung-kalau-datang-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jangan tak Berkerudung kalau Datang ke Sudan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jangan tak Berkerudung kalau Datang ke Sudan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger