ISIS Digempur Habis-habisan

Written By Unknown on Minggu, 15 Maret 2015 | 16.24

* AS dari Udara, Irak dan Suriah dari Darat

BAGHDAD - Kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang menguasai sebagian Irak dan Suriah mendapat gempuran hebat dari puluhan ribu tentara Irak dan pejuang Kurdi Suriah, serta jet tempur koalisi pimpinan AS, Sabtu (14/3). Tentara Irak bersumpah akan membebaskan Kota Tikrit yang masih dikuasai sebagian oleh ISIS dalam tiga hari ke depan.

Pasukan Irak dan milisi Syiah yang terus berupaya merebut kendali penuh kota Tikrit dari militan ISIS terus melakukan serangan dari segala penjuru, kemarin, sambil menunggu bala bantuan untuk menumpas habis kelompok ekstrimis itu. Lebih dari 20.000 tentara dan pejuang Syiah yang didukung Iran memasuki Tikrit pada Rabu (11/3), setelah merebut kembali wilayah utara dan selatan Tikrit sejak serangan dilancarkan dua pekan lalu.

Dilaporkan, militan ISIS masih menguasai sekitar setengah kota dan memiliki bangunan jebakan serta memasang bom rakitan dan ranjau di jalan. Militan Irak menyatakan membutuhkan pasukan terlatih untuk menghancurkan seluruh jebakan yang dipasang di jalan dan bangunan, tanpa merincinkan kedatangan pasukan khusus itu.

Kemenangan bagi pemerintah pimpinan Syiah Irak di Tikrit melawan gerilyawan Sunni akan mengatur jalan untuk membebaskan Mosul, kota terbesar di utara 'Negeri 1001 Malam' itu yang masih dikuasai ISIS. Tentara Irak menargetkan membebaskan Tikrit dari ISIS yang masih ada di kota tersebut dalam tiga hari ke depan, kata juru bicara militer dari satuan "Mobilisasi Popular" pada Sabtu.

Pernyataan sama disampaikan oleh pemimpin tertinggi milisi Badr, yang meyakini para militan ISIS yang tersisa akan diusir keluar dari Tikrit tidak lebih dari 72 jam ke depan. Pasukan milisi dari unit "Mobilisasi Popular " dan Badr termasuk dalam operasi pembebasan Tikrit dari ISIS selama dua minggu, yang melibatkan tentara, polisi, pasukan milisi lain dan suku-suku bersenjata.

Sebelumnya, pada Kamis (12/3), Mayor Jenderal Polisi Bahaa al-Azzawi mengatakan di Albu Ajil, bahwa Tikrit telah dikepung dari segala penjuru oleh pasukan pemerintah Irak dan para milisi. Semua kota dan desa di tepi timur sungai Tigris itu telah dikuasai pasukan anti-IS, Kamis. Bendera hitam putih ISIS di dinding-dinding ditulisi slogan-slogan kutukan kepada ISIS atau puja-puji kepada kelompok-kelompok milisi yang terlibat dalam pertempuran tersebut.


Anda sedang membaca artikel tentang

ISIS Digempur Habis-habisan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/03/isis-digempur-habis-habisan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

ISIS Digempur Habis-habisan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

ISIS Digempur Habis-habisan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger