Geliat Islam di Newcastle

Written By Unknown on Minggu, 22 Maret 2015 | 16.24

OLEH TEUKU MUKHRIZA, Dosen Fakultas Teknik Unsyiah, Mahasiswa Program Doktoral di Newcastle University, melaporkan dari Inggris

PERJALANAN studi saya selama di Kota Newcastle, Inggris, membuka pengalaman baru bagi saya untuk berinteraksi dengan penduduk dari berbagai belahan dunia. Salah satu organisasi kampus yang saya ikuti adalah Islamic Society. Organisasi ini beranggotakan pelajar muslim di Newcastle University yang mencapai 500 orang.

Pelajar muslim di kampus ini mencapai 2.000 orang. Pelajar dari Indonesia terkenal di Islamic Society karena cukup aktif membantu berbagai acaranya, terutama selama bulan Ramadhan.

Pekan lalu Islamic Society kembali mengadakan acara Discover Islam Week (DIW) 2015. Even tahunan terbesar di kampus ini dapat menyedot pengunjung sekitar 600 orang per harinya. Sebuah tenda berukuran 20 x 10 x 2,5 meter didirikan. Di dalamnya dihiasi dengan poster-poster menarik yang memberikan informasi tentang sejarah Islam dan demografi muslim dunia. Di sini terlihat bahwa populasi muslim Indonesia merupakan yang terbanyak di dunia).

Poster lainnya menggambarkan kontribusi muslim terhadap ilmu pengetahuan, kedudukan Yesus (Nabi Isa) dalam Islam, tempat bersejarah dalam Islam, dan berbagai informasi menarik lainnya.

Pengunjung juga dapat mencoba hijab di dalam tenda dan diberikan gratis apabila mereka mau. Pada hari khusus, pengunjung perempuan ditantang untuk mengenakan hijab dalam aktivitasnya sepanjang hari dan menceritakan kembali pengalaman mereka pada malam harinya di sesi "Sister Night".

Di dalam tenda juga terdapat hyena painting (mirip inai untuk dara baro di Aceh). Pengunjung dapat meminta dilukiskan berbagai corak di tangan mereka dengan hiena.


Anda sedang membaca artikel tentang

Geliat Islam di Newcastle

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/03/geliat-islam-di-newcastle.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Geliat Islam di Newcastle

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Geliat Islam di Newcastle

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger