Aceh Gagal Capai Target RPJM

Written By Unknown on Senin, 23 Maret 2015 | 16.24

BEBERAPA target pembangunan tahun 2012-2017 yang telah ditetapkan oleh Pemerintahan Aceh di bawah kepemimpinan Gubernur Zaini Abdullah dan Wakil Gubernur Muzakir Manaf gagal direalisasikan. Bahkan Pemerintah Aceh berencana merevisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang disusun tiga tahun lalu. Apa saja target yang sulit dicapai dan apa penyebabnya, Serambi merangkumnya dalam tulisan eksklusif edisi ini.

Sebagai sebuah provinsi, Pemerintahan Aceh harus punya target  pembangunan yang jelas di berbagai bidang, mulai bidang ekonomi,  politik, agama, sosial budaya, dan lain sebagainya.

Nah, target lima tahunan itu dibuat dalam bentuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Penjabaran visi-misi dan program Gubernur Aceh hasil pemilihan langsung pada 9 April 2012 lalu dibuat dalam bentuk qanun.

RPJM merupakan landasan dan pedoman bagi Pemerintah Aceh dalam melaksanakan pembangunan lima tahun, 2012-2017. Lantaran ditetapkan sebagai qanun, maka RPJM ini wajib dilaksanakan oleh gubernur dan seluruh SKPA dalam rangka penyelenggaraan pembangunan di Aceh.

Sayangnya, beberapa target yang dibuat itu tidak terealisasi. Jika melihat beberapa indikator kinerja di bidang ekonomi, misalnya, antara realisasi dan proyeksi begitu jauh angkanya.

Contohnya pertumbuhan ekonomi. Untuk 2014, misalnya, realisasi cuma 4,13 persen, padahal targetnya mencapai 6,7 persen. Untuk tahun 2014 tersebut bahkan BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Aceh tanpa migas melambat dari tahun 2013, yakni hanya 4,13 persen dari 4,4 persen.

Tingkat pengangguran pun demikian. Jika Pemerintah Zaini Abdullah yang dilantik pada 25 Juni 2012 lalu menargetkan pengangguran tahun 2013 cuma 5,0 persen, ternyata faktanya masih 10,3 persen. Sebagai provinsi yang tak punya industri, mencari kerja di Aceh sangatlah sulit.


Anda sedang membaca artikel tentang

Aceh Gagal Capai Target RPJM

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/03/aceh-gagal-capai-target-rpjm.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Aceh Gagal Capai Target RPJM

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Aceh Gagal Capai Target RPJM

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger