GeRAK: Wajar, jika APBA Bermasalah

Written By Unknown on Selasa, 10 Februari 2015 | 16.24

BANDA ACEH - Gerakan Antikorupsi (GeRAK) Aceh menilai wajar saja jika Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengkritisi Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) tahun 2015 yang baru saja disahkan DPR Aceh pada 31 Januari lalu.

"Bahkan wajar pula kalau Mendagri menghapus beberapa pos anggaran yang bermasalah karena peruntukkannya tidak logis dan cenderung menyalahi perencanaaan anggaran," kata Koordinator GeRAK Aceh, Askhalani kepada Serambi kemarin menanggapi sikap Mendagri yang mempersoalkan beberapa pos anggaran APBA 2015 karena tidak realistis.

Seperti diketahui, setelah melalui proses panjang diwarnai pro-kontra yang terbilang sengit--bahkan melampaui deadline yang ditetapkan Mendagri--akhirnya pada Sabtu (31/1) malam lalu RAPBA 2015 disahkan menjadi RAPBA. Total APBA 2015 mencapai Rp 12.755.643.725.149, sedangkan pendapatan Rp 12.010.742.783.065 sehingga terjadi defisit Rp 744.900.942.084.

Menurut Askhalani, Mendagri punya kewenangan penuh untuk mengkritisi setiap pos anggaran maupun APBA secara keseluruhan, apakah proses penyusunannya sudah dilakukan sesuai mekanisme perencanaan yang baik atau sebaliknya.

Bahkan, kata Askhalani, Mendagri juga berhak meminta Pemerintah Aceh mencoret atau menghapus sebagian dari pos anggaran yang sudah disahkan dalam APBA yang dinilai bermasalah. "Harapan dan benteng terakhir publik itu sekarang cuma ada pada Mendagri," tegasnya.

Askhalani menambahkan, jikapun nanti Mendagri merekomendasikan agar beberapa pos anggaran direvisi atau dicoret, maka Pemerintah Aceh harus menindaklanjutinya. Hal ini, katanya, agar setiap proses pembangunan yang dijalankan pemerintah menggunakan anggaran publik tidak menimbulkan potensi korupsi dan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Askhlani menyatakan, ada beberapa pos anggaran dalam APBA yang semestinya tidak lagi dimasukkan, tetapi tetap tertampung. Seperti halnya pos anggaran untuk perjalanan ke luar negeri yang memang sudah dilarang secara nasional.


Anda sedang membaca artikel tentang

GeRAK: Wajar, jika APBA Bermasalah

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/02/gerak-wajar-jika-apba-bermasalah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

GeRAK: Wajar, jika APBA Bermasalah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

GeRAK: Wajar, jika APBA Bermasalah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger