Banjir Luapan di Dataran Tinggi

Written By Unknown on Minggu, 18 Januari 2015 | 16.24

HUJAN yang masih saja mengguyur Dataran Tinggi Gayo menyebabkan puluhan rumah dan lahan di pinggir Danau Laut Tawar tergenang banjir luapan. Hingga Sabtu kemarin banjir luapan dilaporkan makin naik.

Pantauan Serambi, Sabtu (17/1) kawasan yang terendam banjir antara lain Dusun Pasir, Desa Kal Lengkio, Kala Del, di Kecamatan Kebayakan. MUsibah serupa juga menimpa Dusun Kala Pasir dan Kala Nunang, Kecamatan Bebesen serta jalan Sara Rasa hingga Desa Boom, Kecamatan Lut Tawar.

Menurut masyarakat setempat, setiap hujan lebat, kawasan itu selalu terendam banjir luapan dari Danau Laut Tawar yang dalam bahasa daerah Gayo disebut lemo. Data sementara hingga Sabtu kemarin, 40-an rumah terendam. Warga ada yang mengungsi dan ada pula yang tetap bertahan. Tinggi air bervariasi dari 10 hingga 50 cm.

Warga yang rumah dan lahannya terkena banjir hanya bisa pasrah sambil menunggu air surut. Biasanya banjir seperti ini berlangsung hingga dua hari. Namun kali ini sejak air mulai naik pekan lalu, tak kunjung surut.

Seorang warga Kala Del, Kashmir mengatakan, di sana ada puluhan rumah terendam. Antara lain milik Aman Dayat, Aman Ferdi, Zurai, Iwan, Syukri, Inen Erwin, dan Bang Item. Bahkan, anak Aman Dayat yang masih balita mulai diserang diare dan demam.

Sedangkan di Desa Kala Nunang, Kecamatan Bebesen, rumah yang terendam antara lain milik Aman Nova, Aman Lia, M Tagore, Aman Nisa, Aman Apri, Aman Mul, Mak Silo, M Dolay, Aman Sirna, Mak Mar, Aman Kaisa, Mak Tamrin, dan milik Pak Andre. Sebuah meunasah juga ikut terendam.

Menurut warga, hingga kemarin belum ada penanganan khusus terhadap korban banjir luapan tersebut termasuk yang mulai diserang penyakit.(gun)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Banjir Luapan di Dataran Tinggi

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/01/banjir-luapan-di-dataran-tinggi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banjir Luapan di Dataran Tinggi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banjir Luapan di Dataran Tinggi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger