Ribuan Warga Trumon Diungsikan

Written By Unknown on Minggu, 18 Januari 2015 | 16.24

TAPAKTUAN - Ribuan korban banjir dari wilayah Trumon Raya, Aceh Selatan yaitu Kecamatan Trumon, Trumon Tengah, dan Trumon Timur, sejak Sabtu pagi kemarin diungsikan ke titik aman sehubungan makin parahnya banjir luapan yang menerjang desa-desa di ketiga kecamatan tersebut.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan menyebutkan, sebagian besar korban banjir diungsikan ke lapangan Kompi Brimob, Gampong Alue Lhok, Kecamatan Trumon Tengah. Selain itu ada juga yang menumpang di rumah-rumah famili yang luput dari musibah.

Kepala BPBD Aceh Selatan, Cut Sazalisma SSTP kepada Serambi menginformasikan, korban banjir yang diungsikan itu berasal dari Desa Lhok Raya 82 KK (314 jiwa), Cot Bayu 177 KK (645 jiwa), Padang Harapan 80 KK (285 jiwa), Titi Poben 70 KK (322 jiwa), dan Seuneubok Pusaka 189 KK (909 jiwa).

Menurut Cut Sazalisma, evakuasi korban banjir dilakukan dengan melibatkan personel BPBD, Satgas SAR, PMI, RAPI, TNI/Polri dari Koramil dan Polsek Trumon serta Brimob Kompi Trumon.

Bantuan masa panik, menurut Cut Sazalisma sudah disalurkan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Aceh Selatan . Pihak BPBD berharap Pemerintah Aceh turut membantu korban banjir Trumon Raya terutama kebutuhan sembako dan obat-obatan karena stok semakin menipis.

Kadinsosnakertrans Aceh Selatan, Drs Yahya Azmar MM kepada Serambi membenarkan pihaknya sudah menyalurkan masa panik sejak Kamis (15/1) hingga Sabtu kemarin.

Penyaluran hari Kamis tertuju ke Desa Cot Bayu, Lhok Raya, dan Seuneubok Pusaka. Sedangkan Sabtu kemarin ditambah penyaluran untuk Desa Titi Poben, Cot Bayu, dan Padang Harapan, Kecamatan Trumon. "Kami juga berharap ada bantuan dari Pemerintah Provinsi," kata Yahya.

Banjir yang melanda desa-desa dalam tiga kecamatan di Trumon Raya tersebut akibat luapan Sungai Gelombang Subulussalam yang merupakan aliran dari Sungai Alas, Kabupaten Aceh Tenggara.

Banjir kiriman yang melanda Trumon Raya terjadi sejak Rabu (14/1) dan sempat surut. Akan tetapi pada Sabtu pagi, banjir kembali terjadi sehingga pihak BPBD memutuskan untuk melakukan evakuasi warga.(tz)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Ribuan Warga Trumon Diungsikan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/01/ribuan-warga-trumon-diungsikan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ribuan Warga Trumon Diungsikan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ribuan Warga Trumon Diungsikan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger