Rampok Bank untuk Beli Tanah

Written By Unknown on Jumat, 19 Desember 2014 | 16.24

Motif yang melatarbelakangi mengapa Barmawi cs nekat merampok Bank Rakyat Indonesia (BRI) Meukek, Aceh Selatan, pada 10 Mei 2014 lalu diungkap oleh jaksa dalam dakwaan kemarin.

Menurut Zainul Arifin SH, jaksa pada Kejari Tapaktuan, motif perampokan itu didasari pada keinginan Barmawi hendak membeli sebidang tanah untuk perluasan pesantren yang dikelolanya.

Keinginannya untuk memiliki tanah tersebut menggebu, tapi uangnya tak cukup. Lalu mereka merancang skenario untuk merampok bank.

Mereka sengaja mengincar bank pemerintah dengan pertimbangan tidak akan menimbulkan kerugian bagi masyarakat, sebab seluruh uang yang hilang otomatis segera diganti oleh pemerintah.

Tapi belakangan baru ketahuan bahwa kantungan (plastik kresek) warna cokelat yang berhasil mereka rampas dari laci bank tersebut hanya berisi slip bukti setoran.

Barmawi sendiri menilai dakwaan hingga tuntutan delapan tahun penjara itu terlalu mengada-ada, apalagi tak ada kerugian negara dalam perbuatan mereka. Tak ada uang negara yang berhasil dirampok, kecuali slip bukti setoran.

Barmawi juga menegaskan tak pernah tahu tentang rencana perampokan itu dan menyatakan dirinya tidak terlibat. "Saya tidak tahu apa-apa," ujar Barmawi menjawab Serambi ketika ia digiring dari ruang sidang menuju sel titipan PN Medan.

Di hadapan majelis hakim yang diketuai Firman, Jaksa Zainul Arifin juga membeberkan bahwa kejahatan yang dilakukan para terdakwa berdampak sangat luas.

Secara khusus, beber jaksa, terdakwa sudah menciptakan trauma bagi individu korban dan masyarakat luas. Sikap mereka juga dinilai mengganggu kelancaran proses persidangan karena kerap tidak mengakui perbuatan dan memberikan keterangan berbelit-belit.

Terlebih lagi, kata Zainul, dua terdakwa merupakan anggota Polri. "Tindakan keduanya mencoreng citra aparat penegak hukum," ucap Zainul Arifin. (mad)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Rampok Bank untuk Beli Tanah

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/12/rampok-bank-untuk-beli-tanah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rampok Bank untuk Beli Tanah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rampok Bank untuk Beli Tanah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger