Pekan Depan Presiden Finalkan RPP Migas

Written By Unknown on Minggu, 28 Desember 2014 | 16.25

BANDA ACEH - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan pekan depan Presiden Joko Widodo akan memfinalkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Bagi Hasil Pengelolaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Rancangan tersebut terkait persetujuan zona mil laut dan sistem bagi hasil migas yang akan dikelola Aceh.

"Proses menyelesaikan RPP Migas sudah mendekati final, mudah-mudahan pekan depan bersama Presiden sudah bisa kita finalkan," kata Sudirman pada Seminar Nasional Pengelolaan Migas di Wilayah Aceh di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh, Sabtu (27/12).

Hadir dalam acara itu, Wali Nanggroe Malik Mahmud, Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah, Anggota DPR RI asal Aceh Nasir Djamil, senator DPD RI asal Aceh Rafli, dan Rektor Unsyiah Prof Dr Samsul Rizal.

Menurut Sudirman, pertemuan demi pertemuan yang dilakukan antara tim Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh selama ini, mengalami kemajuan yang baik. Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat sudah bersedia menempuh jalan melalui negosiasi hingga menemukan satu kesepakatan.

"Di level teknis (RPP Migas) sudah selesai, karena itu tugas saya, dan di level politik keseluruhan itu tugasnya Pak Menko dan Pak Wapres (menyelesaikannya), karena beliau sangat tahu situasi di sini (Aceh)," ujarnya.

Sudirman juga mengatakan, dalam bulan ini Kementerian ESDM telah memutuskan untuk melimpahkan pengelolaan Blok Pase kepada Badan Umum Milik Daerah atau Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA). "Sesuatu yang sangat lama tertunda, karena blok ini habis pada tahun 2012 lalu," katanya.

Ia menjelaskan, sebelum pengelolaan itu diberikan, ternyata PDPA sudah menggandeng perusahaan Triangle Pase sebagai mitra kerja dalam mengelola Blok Pase. Menteri ESDM menilai pilihan tersebut sangat tepat, karena Triangle Pase merupakan perusahaan limited company (perseroan terbatas) yang mempunyai kemampuan baik dari segi keuangan maupun teknis.

"Itu pilihan yang baik, karena dengan itu bisa menjamin keberlangsungan kegiatan (pengelolaan Blok Pase). Ini saya kira BUMD mengambil keputusan dengan cara yang baik. Mudah-mudahan ke depan bisa segera mengcover operasi yang sudah terlanjur berhenti," ungkapnya.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan persoalan migas penting dibahas karena hal ini berkaitan dengan amanat UUPA Pasal 160. "Alhamdulillah, masalah RPP Migas ini hanya tinggal ketok palu. Perdebatan antara Aceh dan Jakarta sudah selesai. Kita tinggal menunggu momentum pengesahannya," katanya saat membuka seminar itu.(mz)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Pekan Depan Presiden Finalkan RPP Migas

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/12/pekan-depan-presiden-finalkan-rpp-migas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pekan Depan Presiden Finalkan RPP Migas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pekan Depan Presiden Finalkan RPP Migas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger