Eksekutor Terpidana Mati Sudah Disiapkan

Written By Unknown on Sabtu, 20 Desember 2014 | 16.24

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Eksekusi terhadap enam terpidana mati tinggal menghitung hari. Polri telah menyiapkan eksekutor yang masing-masing regu terdiri dari tujuh orang penembak mati. Sedangkan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah mengaku telah menyiapkan lokasi yang akan dijadikan eksekusi. Kemungkinan besar, eksekusi enam terpidana mati tersebut dilakukan di Pulau Nusakambangan.

Kapolri Jend Sutarman mengatakan, pihaknya telah menyiapkan regu tembak untuk membantu Kejaksaan dalam melaksanakan eksekusi. Menurut Sutarman, pihaknya menyiapkan beberapa regu. Setiap regu, terdiri dari tujuh personel yang semuanya ahli menembak secara jitu.

"Kami (Polri) sudah siap. Eksekutornya kan dari jaksa, Polri sebagai pelaksana," tegas Kapolri Jend Sutarman di Mabes Polri, Jumat (19/12/2014).

Menurut Sutarman, regu tembak sebenarnya sudah ada di setiap Polda. Namun, untuk pelaksanaannya harus tetap dengan prosedur dari kejaksaaan sebagai eksekutor."Yang jelas satu regu tembak ada tujuh orang. Soal tempat, Itu dirahasiakan," tambah Sutarman.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kaajati) Jawa Tengah (Jateng), Hartadi mengatakan, eksekusi para terpidana mati akan dilakukan di wilayah hukum Jawa Tengah, meski tak satu pun terpidana yang berasal dari Jateng.

Namun Hartadi enggan membeberkan kapan hari H pelaksanaan ekskusi. Jelang eksekusi, Hartadi mengaku telah menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk juga dalam hal pengamanannya.

Sebelumnya Jaksa Agung Muda Pidana Umum (JAM Pidum) Kejagung, Basuni Masyarif mengatakan, eksekusi terhadap keenam terpidana mati akan dilakukan tahun 2014 ini. "Kami usahakan tahun ini (dieksekusi) itu lima, tapi terdaftar itu enam. Mudah-mudahan bisa terlaksana (segera)," ujar Basuni Masyarif.

Pekan lalu, Jaksa Agung M Prasetyo dan Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly telah mengunjungi Nusakambangan. Keduanya memastikan bahwa Nusakambangan aman untuk pelaksanaan eksekusi. Informasi yang dihimpun Tribun, keenam terpidana mati yang akan dieksekusi sudah berada di Nusakambangan. Para terpidana mati berasal dari Lapas Tangerang, Lapas Batam dan Lapas di Pulau Nusakambangan.

Basuni menyampaikan, empat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) yakni Banten, DKI Jakarta, Kepri dan Jateng sudah berkoordinasi dengan Jaksa Agung dan dirinya selaku pengambil keputusan pelaksanaan eksekusi.

Hasilnya, saat ini sudah tidak ada masalah terhadap aspek yuridis untuk pelaksanaan eksekusi terhadap keenam terpidana mati tersebut. "Dan aspek teknis sedang koordinasi dengan Polri," terangnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Eksekutor Terpidana Mati Sudah Disiapkan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/12/eksekutor-terpidana-mati-sudah-disiapkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Eksekutor Terpidana Mati Sudah Disiapkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Eksekutor Terpidana Mati Sudah Disiapkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger