Sebagian Warga Aceh Laksanakan Shalat Idul Adha

Written By Unknown on Minggu, 05 Oktober 2014 | 16.25

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -  Sebagian warga di Aceh terutama keluarga besar dan simpatisan Muhammadiyah, Sabtu (4/9/2014) pagi melaksanakan Shalat Idul Adha di beberapa tempat.

Di Banda Aceh, shalat id yang semula akan dipusatkan di Lapangan Universitas Muhammadiyah, dialihkan ke Masjid Taqwa, Gedung Dakwah Jalan KH. Ahmad Dahlan karena hujan.  

Prof Alyasa Abu Bakar, dalam khutbahnya menerangkan adanya keragaman dalam tata laksana beribadah. Termasuk dalam hal perbedaan penentuan hari raya yang sering terjadi di Indonesia dan dunia saat ini. 

"Selama metode yang digunakan dalam penentuan pelaksanaan id, maka selama itulah perbedaan akan terjadi. Selama sesuai dengan metode yang dipakai, ada dalil, maka kita tidak boleh mengatakan sesuatu itu sesat," katanya.

Dalam penjelasannya, ia juga mengurai makna Qurban ada asal usul syariat itu diperintahkan oleh Allah Swt kepada kaum muslimin, termasuk awal mula sejarah Qurban tersebut disyariatkan dalam perjalanan ketundukan Nabi Ibrahim as dalam melaksanakan perintah Allah Swt.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Taqwa, Banda Aceh berlangsung khidmat. Ribuan jamaah memadati masjid dua lantai tersebut hingga di pelataran halaman parkir.

Di Lhokseumawe

Selain di Banda Aceh, warga juga melaksanakan Shalat Idul Adha di beberapa tempat. Di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, ribuan warga juga melaksanakan shalat Id di halaman Masjid Taqwa di komplek Pondok Dayah Ahlusunnah Kampung Jawa. Khutbah dibawakan oleh Ust Arifin Rahmatillah Lc, MHI.

Sementara di Kabupaten Aceh Utara warga melaksanakan shalat di halaman Masjid Al-Izzah, Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu. Sekitar 2.000 jemaah ikut larur dalam zikir dan tahmid. Bertindak sebagai Khatib H Syahbuddin Usman dan imam salat Ustad Al-Friadi SPdI.

Secara umum, kaum muslimin di Aceh akan melaksanakan shalat Idul Adha besok, sebagaimana Pemerintah telah menetapkan Idul Adha jatuh pada hari Minggu (5/9/2014) (ib/ari)


Anda sedang membaca artikel tentang

Sebagian Warga Aceh Laksanakan Shalat Idul Adha

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/10/sebagian-warga-aceh-laksanakan-shalat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sebagian Warga Aceh Laksanakan Shalat Idul Adha

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sebagian Warga Aceh Laksanakan Shalat Idul Adha

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger