Seks Pranikah Dikalangan Pelajar di Melawai Meningkat

Written By Unknown on Minggu, 28 September 2014 | 16.24

SERAMBINEWS.COM, MELAWI,-Seks pra nikah di kalangan pelajar ternyata bukan hanya terjadi di kota-kota besar di Indonesia, kondisi serupa juga sudah melanda hampir sebagian besar pelajar di Kabupaten Melawi, bukan hanya di tingkat SMA namun juga pada pelajar SMP.

"Dari hasil penelusuran yang kami lakukan, memang hasilnya cukup mencegangkan, sejumlah pelajar banyak yang terlibat dalam seks pra nikah, mulai dari SMA sampai tingkat SMP," kata kepala dinas kesehatan Melawi Simson belum lama ini.

Simson mengatakan, fenomena itu tentu saja sangat mengejutkan. Bukan hanya akan menimbulkan permasalahan sosial, namun juga bisa menjadi penyumbang angka kematian ibu dan anak. Karena sedikit mereka yang kemudian mengalami hamil, sementara usianya masih rlatif muda.

"Resiko kehamilan untuk usia dini ini sangat besar, apalagi kalau mereka hamilnya tidak diinginkan, karena akan ada upaya sang ibu untuk menggugurkan dengan obat-obatan atau bahan ramuan dari jamu,  nah ini resikonya sangat besar," kata Simson.

Untuk menanggulangi persoalan tersebut, kata Simson, pihaknya sudah memberikan penanganan kesehatan reproduksi remaja yang dilakukan di puskesmas. Di sana mereka bisa berkonsultasi dan memeriksakan kesehatan yang berkaitan dengan reporduksi.

"Sasarannya ini memang kalangan pelajar yang mengalami hamil dini, atau persoalan reproduksi. Karena memang mohon maaf, untuk Kabupaten Melawi ini angka kehamilan dini untuk anak sekolah sedikit mengalami peningkatan," katanya.

Kepala puskesmas Nanga Pinoh, Sien Setiawan mengakui ada trend peningkatan kehamilan dini di kalangan pelajar. Untuk itu pihaknya kini menyediakan klinik remaja di puskesmas yang dimpimpinnya.

"Sebenarnya klinik remaja ini sudah ada sejak lama, namun fakum karena mungkin masyarakat masih malu, namun sekarang ini sudah mulai ada yang memanfaatkannya. Baik melalui SMS ataupun inbok di facebook," kata Sien.

Kata Sien, bagi remaja yang mengalami persoalan ini seharusnya tidak perlu khawatir. Sebab klinik tersebut akan menjamin kerahasiaan. Selain itu mereka akan siap memberikan pelayanan maksimal tanpa dipungut biaya.

"Kalau untuk USG bisa di tempat praktek saya, tidak jadi masalah, kalau untuk kebutuhan susu juga akan kita cukupi, jadi jangan khawatir, apalagi sekarang kan sudah ada BPJS, itu bisa dimanfaatkan," tandasnya.

Bukan hanya persoalan kesehatan saja, klinik remaja tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk konsultasi pada persoalan mental, sehingga mereka bisa lebih percaya diri ketika hadir di tengah-tengah masyarakat.

"Sebab pada umumnya kehamilan yang tidak diinginkan ini kadang akan mendapat pandangan negatif dari lingkungan sekitarnya, dan ini akan berpengaruh juga pada psikologi mereka, nah kita siap untuk menerima konsultasi masalah ini," jelasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Seks Pranikah Dikalangan Pelajar di Melawai Meningkat

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/09/seks-pranikah-dikalangan-pelajar-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Seks Pranikah Dikalangan Pelajar di Melawai Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Seks Pranikah Dikalangan Pelajar di Melawai Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger