Hujan Lebat Guyur Barat Selatan

Written By Unknown on Minggu, 19 Oktober 2014 | 16.24

* Banjir Subulussalam Jenis Air Bah

SUBULUSSALAM - Wilayah barat-selatan Aceh, mulai dari Aceh Jaya hingga Subulussalam, sejak Sabtu sore kemarin hingga tadi malam diguyur hujan lebat yang menyebabkan terjadinya banjir di beberapa kawasan. Khusus di Desa Subulussalam Timur, Kecamatan Simpang Kiri, meski banjir yang merendam wilayah itu sudah mulai surut tetapi hujan masih terus mengguyur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Subulussalam, Kasman SSos mengatakan, permukiman warga di Cepu Indah, Desa Subulussalam Timur, merupakan kawasan sangat rentan banjir jenis bah. "Satu-satunya upaya pencegahan banjir ini dengan normalisasi sungai serta pembangunan tanggul pengaman," kata Kasman kepada Serambi, Sabtu (18/10).

Selain banjir, hujan deras disertai angin kencang di Kota Subulussalam selama dua pekan terakhir juga rawan memicu longsor. Pasalnya, belasan kilometer jalan nasional yang menjadi jalur vital bagi masyarakat Aceh di pantai barat selatan menuju Sumatera Utara rawan longsor. Lokasi tersebut terdapat sejak dari Desa Jontor dan Lae Ikan, Kecamatan Penanggalan, hingga ke Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Dari Aceh Barat dilaporkan, hujan lebat yang mengguyur wilayah itu sejak tiga hari terakhir menyebabkan belasan desa di Kecamatan Woyla Timur dikepung banjir. Tiga sekolah di kecamatan tersebut terpaksa berhenti aktivitas karena terendam.

Ketiga sekolah yang terendam banjir sehingga harus meliburkan aktivitas belajar mengajar sejak dua hari terakhir adalah SDN Blang Luah, SDN Alue Meuganda, dan SMPN 3 Woyla Timur yang ketiganya berada di wilayah Woyla Timur. Sedangkan badan jalan yang terendam adalah Blang Mee-Alue Kuyun setelah dua sungai meluap yakni sungai Krueng Bhee dan sungai Krueng Tangkih.

Kabid Kedaruratan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Dedek Arisman mengatakan, banjir luapan yang mengepung sejumlah desa di wilayah Woyla Timur terjadi sejak pukul 04.00 WIB, Jumat (17/10) dini hari. Namun pada Sabtu kemarin mulai surut.

Informasi dari jaringan relawan komunikasi RAPI yang diterima Serambi hingga pukul 22.30 WIB tadi malam menyebutkan, hujan dengan intensitas sedang sampai lebat masih terus mengguyur wilayah Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Aceh Selatan, dan Subulussalam.

Di Meulaboh, hujan deras yang mengguyur hingga tadi malam menyebabkan beberapa kawasan rendah dan rawan genangan terendam. "Di beberapa titik dalam wilayah kota Meulaboh genangan air mencapai selutut orang dewasa," lapor seorang relawan RAPI Aceh Barat, Andi Syahputra (JZ01EAS) sekitar pukul 22.00 WIB tadi malam.

Kondisi serupa juga terjadi di Abdya. Beberapa kawasan rawan genangan di wilayah kota Blangpidie, menurut laporan relawan RAPI Abdya, Zahirin SH sempat terendam, antara lain Desa Babahlok tergenang hingga ke badan jalan negara, Desa Lueng Tarok, dan Lueng Asan. "Kawan-kawan relawan RAPI tetap siaga memantau perkembangan. Hujan deras yang mengguyur Abdya sejak sore harinya juga disertai petir yang menakutkan," kata Ketua RAPI Abdya, Edi Dermawan (JZ01UC).(lid/riz/nas)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Hujan Lebat Guyur Barat Selatan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/10/hujan-lebat-guyur-barat-selatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hujan Lebat Guyur Barat Selatan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hujan Lebat Guyur Barat Selatan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger