Kencangkan Kulit dengan Vitamin C

Written By Unknown on Minggu, 07 September 2014 | 16.25

* Gaya Hidup Baru Perempuan Aceh

FENOMENA suntik serum vitamin C mulai mewabah di Aceh sejak medio tahun 2008. Tren yang diperkenalkan oleh para selebritis ibu kota ini meledak pada 2010 lalu dan menjadi "sahabat baru" para istri pejabat, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga biasa. Treatment yang menawarkan kepraktisan sebagai komoditas dagang ini ampuh menyulap kulit yang mulai menua kembali muda. Para perempuan pemuja kecantikan pun tak segan-segan merogoh kocek jutaan rupiah untuk tampil lebih menawan.

Beberapa mahasiswi sebuah universitas negeri di Banda Aceh mengaku kerap menyuntikkan serum vitamin C untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit mempercantik diri. "Suntik kek gini sudah biasalah, Bang. Bukan hal baru di lingkungan kampus," kata gadis yang mengaku masih kuliah di satu fakultas di universitas negeri itu, kepada Serambi, pekan lalu.

Sumber Serambi lainnya yang juga seorang pagawai sebuah perusahaan swasta menyebutkan, banyak kaum ibu yang ingin kulit cerah dan kencang mendatangi apotek minta disuntik. Namun, kata perempuan yang mengaku alumnus sebuah fakultas di universitas negeri itu, beberapa temannya kerap datang padanya minta disuntik.

Maklum, sebagai alumnus program studi yang erat kaitannya dengan bidang kesehatan, dia dipercaya berkompeten untuk sekadar suntik-menyuntik. "Biasanya saya bantu suntik untuk teman-teman dekat saja yang ingin kelihatan cantik," ujarnya.

Dia mengatakan, dirinya tidak memasang tarif khusus untuk tindakan tersebut. "Karena serumnya kan mahal, ada beberapa yang datang membawa serum vitamin C sendiri, dan saya membantu menyuntikkannya saja," kata perempuan ini.

Seorang pegawai apotek juga menuturkan hal serupa kepada Serambi.  Baginya, Fenomena ini bukan hal baru bagi perempuan Aceh. "Semua juga sudah tahu dan memang banyak yang pakai, mulai dari ABG, mahasiswa, orang kantoran, pegawai bank. Kulit jadi putih mulus, cerah merona, dan kenyal," ujarnya.

Dia mengaku kerap menjual serum vitamin C kepada beberapa orang temannya. "Sekarang sudah banyak jenisnya. Ada yang vitamin C aja, vitamin C plus kolagen, dan yang lebih bagus lagi vitamin C dan E, plus kolagen dan nano. Itu sudah lengkap," papar perempuan berumur 26 tahun ini.

Berdasarkan hasil pengecekan Serambi ke sejumlah apotek di Banda Aceh, serum vitamin C punya harga yang bervariasi, tergantung kualitas produknya. Untuk serum vitamin C saja Rp 150.000 per kotak. Serum vitamin C plus kolagen Rp 900 ribu. Jika paket lebih lengkap, yaitu vitamin C sekaligus vitamin E dan Nano, harganya juga Rp 900 ribu.

Merek serum vitamin C seperti Glutax Platinum dan MJ's Gold memang menjadi populer bagi kaum hawa di Aceh. Produk serum tersebut dapat dijumpai di apotek-apotek ternama dan agen-agen yang menjualnya via internet. Banyak pula yang menjajakan lewat komunitas BBM (Blackberry Messenger).

Hasil investigasi serambi ke beberapa apotek di Banda Aceh, serum suntik vitamin C sangat mudah didapatkan, bahkan tanpa resep dokter. Seorang pegawai di sebuah apotek terkenal di Banda Aceh mengatakan, serum yang dijualnya tersebut memang dijual bebas. "Ngak masalah kok, biasanya yang beli ini kebanyakan dokter atau perawat. Tapi ada juga sih mahasiswa," akunya. "Kalau pun yang belinya orang biasa, pasti minta bantu perawat atau anak kedokteran untuk nyuntiknya," tambahnya.

Dia mengaku produk ini aman. "Aman kok, saya jamin. Banyak kawan yang pakai dan ngak pernah komplain. Kalau dibilang bisa sebabkan ini-itu, terus ada yang bermasalah, bisa jadi dia beli produk palsu. Makanya hati-hati," kata perempuan ini coba meyakinkan Serambi.

Sementara itu, dr Siti Hajar SpKK mengatakan, pemakaian serum vitamin C  sudah jadi tren di Aceh dalam beberapa tahun terakhir, tanpa mempertimbangkan dampaknya. "Bahaya dari suntik vitamin C jauh lebih besar ketimbang manfaatnya," kata dokter spesialis kulit dan kelamin itu kepada Serambi.

"Umumnya suntik vitamin C diberikan kepada pasien yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti infeksi, baru operasi, yang bertujuan mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun sekarang banyak orang melakukan suntik itu untuk mempercantik diri, tanpa mempertimbangkan risikonya," kata Siti Hajar.

Menurutnya, kebutuhan vitamin C bagi tubuh manusia dapat dipenuhi lewat konsumsi buah dan sayuran. Cara alamiah mempercantik diri ini dipastikan tidak ada risiko sama sekali. Ia mengakui beberapa pasien pernah mendatanginya dengan keluhan timbul bercak seperti panu di sekujur tubuhnya. "Itu terjadi karena vitamin C rentan terhadap panas. Ini salah satu akibat kelebihan vitamin C," kata perempuan ini.

Mengonsumsi vitamin C secara berlebihan juga menimbulkan risiko timbulnya penyakit lain, seperti maag dan batu ginjal. Bila vitamin C menumpuk di dalam darah, bisa menyebabkan thrombosis, yakni penggumpalan di saluran darah yang bisa fatal akibatnya. "Saya tidak pernah menganjurkan pengencangan kulit dengan penyuntikan serum vitamin C. Kalaupun harus disuntik maka harus dilakukan oleh tenaga yang berkompeten," pungkasnya. (e/sak/rul/sar)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Kencangkan Kulit dengan Vitamin C

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/09/kencangkan-kulit-dengan-vitamin-c.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kencangkan Kulit dengan Vitamin C

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kencangkan Kulit dengan Vitamin C

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger