Dua JCH Aceh Meninggal

Written By Unknown on Selasa, 23 September 2014 | 16.24

BANDA ACEH - Seorang Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh kelompok terbang (kloter) 4 asal Aceh Barat, Bismi AB bin Asyek, dilaporkan meninggal sebelum masuk Asrama Haji Banda Aceh. Sehingga di kloter tersebut tersedia open seat untuk satu orang dan tidak dapat diisi oleh JCH lainnya.

Selain itu, kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banda Aceh, H Akhyar MAg kepada Serambi, Selasa (22/9) kemarin, seorang jamaah dari kloter 2, bernama Abdul Wahab bin Amin (64), asal Pidie Jaya, meninggal di Mekkah, Minggu (21/9) pukul 23.25 Waktu Arab Saudi (WAS).  "Semua proses pelaksanaannya telah selesai dilaksanakan, termasuk administrasi," ujar Akhyar.

Ia juga mengklarifikasi pemberitaan Serambi edisi Senin (22/9) tentang suami istri dari Langsa yang dikabarkan gagal berangkat haji. Dalam berita tersebut sepasang suami istri JCH kloter 3 asal Kota Langsa, Syahrizal bin M Daud dan Bidasari ditunda keberangkatannya, Minggu (21/9) sebab Syahrizal disebutkan mengalami satu penyakit yang dikhawatirkan akan menular. Istrinya pun lebih memilih untuk menemani suaminya yang di rawat di RSUZA Banda Aceh.

Informasi itu diterima Serambi dari Akhyar. Tapi kemarin, ia nyatakan bahwa Syahrizal bin M Daud hanya mengalami sakit gula dan penyakit itu tidak menular. Selama dirawat, Syahrizal ditemani istrinya di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh, bukan di RSUZA. "Kedua JCH ini juga belum sempat masuk ke Asrama Haji Banda Aceh. Apabila kondisinya sudah membaik, maka dapat dimutasi ke kloter 8," ujar Akhyar.

Masih menurut Akhyar, di kloter 3, sepasang suami istri asal Aceh Utara atas nama Muhammad Usman bin Tgk Adam dan Ainon Mardhiah Sayok binti Teungku Puteh juga tertunda keberangkatannya akibat sakit. Sang istri menunda berangkat karena mendampingi suaminya yang sakit. Kini kondisi Muhammad Usman, sudah sehat dan diizinkan dokter untuk berangkat ke Tanah Suci.

"Kita usahakan mencari di kloter mana JCH ini bisa diberangkatkan. Insya Allah di kloter 8 nanti diberangkatkan," tambahnya. JCH kloter 3 ini berasal dari Aceh Utara, Langsa, dan Aceh Tamiang.

Sementara itu, JCH kloter 4 yang berasal dari Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, dan Aceh Singkil sudah take off Senin (22/9) sekitar pukul 20.00 WIB menuju Jeddah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dari tim kesehatan haji, di kloter ini tak ada jamaah yang mengalami penyakit risiko tinggi. JCH tertua berasal dari Aceh Selatan bernama Razali Cut bin Idrus (93), sedangkan yang termuda dari Aceh Jaya, Ichsan Mursalin bin Bustamam (23).

Hari ini, Selasa (23/9) siang JCH kloter 5 berasal dari Lhokseumawe, Aceh Utara, Sabang, dan Gayo Lues masuk Asrama Haji Banda Aceh.  Dilaporkan juga, seorang JCH perempuan dari Kabupaten Gayo Lues (Galus) gagal berangkat ke Tanah Suci karena kesehatannya tak mendukung. Akibatnya, jumlah JCH asal Galus tinggal 25 orang saat  dilepas oleh Wakil Bupati Galus, Adam SE, Senin (22/9).

Para JCH Galus berserta rombongan pengantar akan diinapkan satu malam (bermalam) di Takengan, Aceh Tengah, sebelum masuk Asrama Haji di Banda Aceh.

Saat melepas JCH dari Masjid Agung As-Shalihin Blangkejeren, Wabup Galus, Adam SE mengatakan, JCH Galus yang berangkat dalam menunaikan rukun Islam kelima itu sangat sedikit dibandingkan dengan JCH pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terkait dengan pembatasan kuota haji 20 persen oleh Kerajaan Arab Saudi sehubungan dengan pengerjaan Masjidil Haram yang sedang diperluas. Ketua Panitia Pelepasan JCH Galus, Rasyidin merinci, dari 25 JCH yang berangkat itu sebelas laki-laki, 14 perempuan. Pada pukul 13.00 WIB hari ini para JCH kloter 5 itu sudah harus masuk Asrama Haji Banda Aceh. (una/c40)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua JCH Aceh Meninggal

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/09/dua-jch-aceh-meninggal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua JCH Aceh Meninggal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua JCH Aceh Meninggal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger