11 Desa di Darul Aman Diamuk Puting Beliung

Written By Unknown on Minggu, 27 Juli 2014 | 16.24

* Pinus Seulawah Bertumbangan

IDI – Sedikitnya 11 desa di Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur, menjelang buka puasa, Jumat (25/7) diamuk angin puting beliung. Tercatat 80 rumah di wilayah amukan mengalami rusak berat dan ringan dengan jumlah warga yang terimbas bencana mencapai ratusan jiwa.

Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Darul Aman, Zamzami kepada Serambi, Sabtu (26/7) mengatakan, rincian rumah yang rusak masing-masing di Gampong Kemuneng Sa 12, Kemuneng Dua 10, Kemuneng Lhee 12, Gampong Blang Buket 1, Gampong Meunasah Blang 6, Gampong Matang Geutoe 5, Gampong Grong-Grong 14, Gampong Seunebok Tuha 2, Gampong Seunebok Aceh 4, Gampong Matang Pineung 4, dan Gampong Keumuneng Peut 4.

Camat Darul Aman, Zulfadli mengatakan, puting beliung menerbangkan atap rumah, baik yang berkonstruksi kayu maupun permanen. Angin berputar itu juga menumbangkan pepohonan.

Dikatakan, tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut tetapi kerugian diperkirakan relatif banyak. Camat Darul Aman telah melaporkan musibah itu ke Bupati Aceh Timur. Menurut Kadis Sosial Aceh Timur, M Yasin, pasca-musibah itu pihaknya langsung menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada korban.

Sementara itu di Aceh Besar, hujan gerimis disertai bandai yang melanda Saree (pegunungan Seulawah), Sabtu (26/7) siang menyebabkan sejumlah pohon pinus bertumbangan.

Manager Green d'Saree, Tito kepada Serambi, Sabtu (26/7) petang melaporkan sejumlah pohon pinus yang telah berusia puluhan tahun sebagai tanaman pelindung itu bertumbangan akibat diterjang angin kencang. Namun, sampai sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa.

Selain menumbangkan sejumlah tanaman hutan lindung di kaki Seulawah Agam tersebut, pada saat bersamaan, tambah Tito, angin kencang juga menumbangkan papan nama Green d' Saree yang berada di km 68,200.

Beberapa pemakai jalan lintas Banda Aceh-Medan kepada Serambi mengaku sempat ketakutan ketika suara pohon pinus tersebut tumbang. "Suaranya cukup besar. Kami lebih takut lagi, kalau-kalau ada pohon pinus tua yang tumbang ke badan jalan. Ini bisa mengganggu perjalanan mudik kami," kata Sulaiman yang pulang dari Banda Aceh ke Ulee Gle.(c49/sir)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

11 Desa di Darul Aman Diamuk Puting Beliung

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/07/11-desa-di-darul-aman-diamuk-puting.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

11 Desa di Darul Aman Diamuk Puting Beliung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

11 Desa di Darul Aman Diamuk Puting Beliung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger