Tim Pemenangan Jokowi Bantah Tagore

Written By Unknown on Senin, 23 Juni 2014 | 16.25

* Terkait Pembentukan Provinsi ALA

BANDA ACEH - Koordinator se-Sumatera Tim Pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla Ir H.M.Lukman Edy MSi menegaskan, pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Jusuf Kalla tidak pernah punya visi-misi untuk memekarkan Provinsi Aceh menjadi Provinsi Leuseur Antara. Titik berat pemekaran daerah yang digagas Jokowi-JK justru pada tingkat desa dan kabupaten.

Pernyataan Lukman Edy dikeluarkan sekaligus untuk mengklarifikasi pernyataan Tagore Abubakar yang dilansir harian Serambi, edisi Minggu (22/6) kemarin. Dalam pernyataannya, Tagore menegaskan bahwa Provinsi ALA bisa terwujud jika warga Aceh Tengah dan sekitarnya memilih Jokowi-JK dalam Pilpres 9 Juli mendatang.

"Pernyataan Tagore terlalu dini, karena untuk pemekaran provinsi butuh syarat yang tidak mudah. Misalnya untuk Aceh syarat-syaratnya antara lain, perlu amandemen UUPA, persetujuan seluruh pimpinan daerah, dan syarat teknis lainnya. Jadi, tidak gampang," kata Lukman Edy kepada sejumlah wartawan di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Minggu kemarin.

Ketua Fraksi PKB di MPR RI ini mengatakan, tujuan pemekaran adalah untuk memperkecil rentang kendali, antara pemerintah dan rakyat, yang tujuan akhirnya untuk mempercepat datangnya kemakmuran. Itu sebabnya, kata dia, fokus Jokowi-JK adalah pemekaran pada tingkat kabupaten dan desa. Mantan Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal ini justru menyarankan agar Aceh memperbanyak jumlah kota.

"Sekarang Aceh kan punya 19 kabupaten dan 4 kota. Saya sarankan jumlah kota bisa diperbanyak nanti untuk mendekatkan pelayanan,  seperti yang dilakukan provinsi lain. Saya kira Aceh ke depan bisa seperti itu. Jadi, fokus Jokowi-JK adalah pemekaran pada tingkat desa dan kabupaten, bukan memperbanyak provinsi,"  kata dia.

Hingga kini pun, kata dia, moratorium pemekaran masih berlangsung. Selain itu, jika desa yang dimekarkan, kata Lukman Edy, manfaat yang akan didapat juga bisa langsung dirasakan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Desa.

Menurut Lukman Edy, berdasarkan hitungan pihaknya, sebuah gampong di Aceh akan memperoleh bantuan hingga RP 1,75 miliar, sama halnya dengan Provinsi Riau yang kaya sumber daya alam. "Karena dalam konsep Pak Jokowi, kekayaan alam di kawasan itu juga ikut menentukan berapa porsi anggaran untuk sebuah desa," kata dia.

Kecuali itu, Lukman Edy juga menegaskan bahwa tokoh sekaliber Jokowi-JK sangat mengedepankan kestabilan politik dalam membangun daerah-daerah. (sak)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tim Pemenangan Jokowi Bantah Tagore

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/06/tim-pemenangan-jokowi-bantah-tagore.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tim Pemenangan Jokowi Bantah Tagore

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tim Pemenangan Jokowi Bantah Tagore

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger