MTQ Ditutup, Aceh Urutan 9

Written By Unknown on Sabtu, 14 Juni 2014 | 16.25

BATAM - Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke-25 di Dataran Engku Putri Kota Batam Kepulauan Riau (Kepri) yang berlangsung sejak Jumat (6/6) lalu berakhir tadi malam dan ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Boediono. Kafilah Aceh yang berkekuatan 90 orang--43 di antaranya peserta berbagai cabang MTQ--harus puas di urutan 9 nasional.

Hasil yang diukir Aceh kali ini naik dua tingkat jika dibanding MTQ Nasional Ke-24 di Ambon, Provinsi Maluku pada 2012. Namun posisi tahun 2014 sama dengan MTQ Nasional Ke-23 tahun 2010 di Bengkulu.

Wartawan Serambi, Jafaruddin dari Batam melaporkan, keberhasilan Aceh memperbaiki peringkat setelah Muhammad Ikhwan berhasil meraih juara I cabang tafsir putra Bahasa Indonesia dan Zunfikriah mendapatkan juara III cabang khattil putri golongan naskah. Sedangkan enam peserta lainnya menggondol predikat juara harapan.

Peserta Aceh yang meraih juara harapan I cabang tilawah putri golongan qiraah saba'ah adalah Hj Fazliana dan juara harapan I cabang tahfiz putri 10 juz atas nama Mauliza Juliantika. Juga tercatat tiga juara harapan II masing-masing untuk cabang tilawah putri tartil atas nama Khairani, cabang khattil putri golongan hiasan mushaf diraih Nisfa Juwita, dan cabang khattil putra golongan kontemporer diraih Munadianur. Sedangkan Takdir Feriza meraih juara harapan III cabang tilawah putra dewasa.

Juara umum MTQ Nasional Ke-25 di Batam diraih tuan rumah Kepulauan Riau (Kepri) disusul juara II kafilah Banten, juara III Jawa Barat, juara IV Papua Barat, juara V Sumatera Barat, dan DKI Jakarta yang dua tahun lalu juara umum melorot ke posisi VI.

Peringkat VII diraih kafilah Sumatera Utara dan Jambi, di bawahnya menyusul Lampung, dan selanjutnya Aceh, Riau, Bengkulu sama-sama di urutan IX. Sedangkan di posisi juru kunci untuk 10 besar adalah Sumatera Selatan.

Acara penutupan MTQ Nasional Ke-25 di Batam dimeriahkan penampilan tarian kolosal dari 200-san pelajar se-Kota Batam. Juga dimeriahkan marching band barelang Kota Batam dan rangkaian lagu-lagu daerah termasuk Bungong Jeumpa dari Aceh.

Gubernur Kepri, HM Sani melaporkan, MTQ Nasional Ke-25 yang berlangsung sejak 6 Juni 2014 berlangsung dengan baik dan lancar. "Kepada peserta yang meraih juara saya ucapkan selamat sedangkan kepada kafilah yang belum berhasil semoga pada MTQ dua tahun yang akan datang bisa meraih keberhasilan," kata Sani.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam pidatonya mengharapkan MTQ bukan hanya ajang untuk meraih prestasi tapi juga dapat mensyiarkan syariat Islam. "Kami mengucapkan terima kasih kepada panitia dan dewan hakim serta berbagai pihak lainnya yang telah menyukseskan even nasional ini," kata Menteri Agama.(jf)


Anda sedang membaca artikel tentang

MTQ Ditutup, Aceh Urutan 9

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/06/mtq-ditutup-aceh-urutan-9.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

MTQ Ditutup, Aceh Urutan 9

namun jangan lupa untuk meletakkan link

MTQ Ditutup, Aceh Urutan 9

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger