Mahasiswa Unsyiah Raih Perunggu di Olimpiade MIPA

Written By Unknown on Rabu, 28 Mei 2014 | 16.25

BANDA ACEH - Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, kembali meraih gelar juara pada Olimpiade Nasional Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2014 di Semarang, 20-24 Mei 2014. Kali ini, Unsyiah berhasil menjadi tiga terbaik dan berhak memperoleh medali perunggu.

Medali perunggu untuk Unsyiah tersebut diraih Ade Agus Hidayat, mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas MIPA. Prestasi ini menjadikan Unsyiah sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menjaga tradisi selalu meraih medali setiap tahun ajang lomba bergengsi bidang sains tersebut diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).

"ONMIPA PT tingkat nasional tahun ini diikuti 251 peserta dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia. Finalis bertarung untuk menjadi yang terbaik di Indonesia dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi," jelas Kepala Humas Unsyiah, Dr Ilham Maulana kepada Serambi, kemarin.

Untuk lolos ke tingkat nasional, menurutnya, peserta harus melewati seleksi tahap I di tingkat perguruan tinggi dan seleksi tahap II di tingkat Kopertis. Dikatakan, juara pada seleksi tahap II berhak maju ke tingkat nasional. "Unsyiah tahun ini berhasil mengirim delapan peserta ke tingkat nasional. Ini merupakan jumlah delegasi terbesar yang pernah mewakili Unsyiah sepanjang sejarah even bergengsi ini digelar," ungkapnya.

Selain meraih medali, lanjut Ilham, finalis dari Unsyiah juga menunjukkan peningkatan ranking yang cukup baik secara nasional. "Sebagian besar delegasi Unsyiah berhasil menembus ranking 30 besar nasional untuk masing-masing bidang. Dengan pelatihan dan pembinaan secara berkelanjutan, mereka yang belum meraih medali tahun ini berpotensi besar untuk berkibar pada tahun mendatang," timpal Ilham yang juga dosen FMIPA Unsyiah ini.

Bagi Ade Agus Hidayat yang tahun ini merupakan kesempatan terakhir menjadi peserta, tambah Ilham, medali perunggu yang diraihnya itu merupakan yang ketiga kalinya secara berturut-turut sejak mengikuti ajang ini pada tahun 2012. "Semoga prestasi ini menginspirasi kita semua untuk memberikan yang terbaik dan membuat bangga Unsyiah, Aceh, dan Indonesia," pungkasnya.

Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng mengaku sangat senang dengan perkembangan prestasi mahasiswa Unsyiah di level nasional. Ia berencana untuk terus menguatkan program pembinaan prestasi mahasiswa di masa mendatang.(jal)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mahasiswa Unsyiah Raih Perunggu di Olimpiade MIPA

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/05/mahasiswa-unsyiah-raih-perunggu-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahasiswa Unsyiah Raih Perunggu di Olimpiade MIPA

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahasiswa Unsyiah Raih Perunggu di Olimpiade MIPA

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger