Pemerintah Aceh-Dubai Port Kerja Sama Kembangkan Sabang

Written By Unknown on Rabu, 28 Mei 2014 | 16.25

Laporan Yarmen Dinamika I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Gubernur Aceh selaku Ketua Dewan Kawasan Sabang (DKS) memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan Manajemen Dubai Port dalam pengembangan pelabuhan Sabang. Keputusan ini diambil setelah Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah melakukan pertemuan dengan DP World, pengelola Dubai Port, di Kantor Pusat DP World, Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (27/5/2014) siang.

Pihak Dubai Port juga antusias menyambut tawaran kerja sama ini. "Dalam waktu dekat tim kami akan berkunjung ke Sabang untuk mempelajari secara detail rencana kerja sama antara Pemerintah Aceh dan Dubai Port," demikian janji Rasyid Abdulla selaku Senior Vice President dan Managing Director Asia Pacific dari DP World.

Sebagaimana dilaporkan Kepala Kepala Investasi dan Promosi (Bainprom) Aceh, Ir Iskandar MSc kepada Serambinews.com via telepon, Rabu (28/5/2014) siang, pertemuan yang ia hadiri itu berlangsung akrab, namun sangat efisien. Dalam pertemuan singkat itu dibahas rencana DP World sebagai operator kelas dunia untuk berinvestasi dan mengelola pelabuhan Sabang.

Dubai Port (DP) World sudah melakukan berbagai investasi di berbagai negara, terutama di bidang teknologi, sumber daya manusia, dan fasilitas pelabuhan. Di Indonesia, mereka sudah bekerja sama dengan pelabuhan di Surabaya. Menurut Gubernur Zaini di sela-sela pertemuan itu, dengan pengalaman Manajemen Dubai Port mengelola pelabuhan keempat terbesar di dunia itu, ia optimis bahwa Sabang akan menjadi pelabuhan international jika pengelolaannya diserahkan kepada mereka.

Diusik gempa

Menurut Iskandar, pertemuan itu diawali dengan presentasi dari DP World mengenai profil perusahaan mereka, namun sempat terhenti karena gempa berskala 5,4 skala Richter (SR) mengguncang Dubai. Manajemen perusahaan itu menjalankan prosedur evakuasi dan memerintahkan semua orang yang sedang berada di dalam gedung untuk segera ke luar. Gubernur Aceh dan rombongan otomatis ikut berlari ke luar gedung. Lima belas menit kemudian, setelah ayunan gempa tak lagi terasa, rapat dilanjutkan kembali dengan presentasi dari Pemerintah Aceh.

Gubernur Zaini Abdullah memaparkan kebijakan Pemerintah Aceh tentang Pelabuhan Bebas dan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang, dilanjutkan dengan pemaparan tentang potensi Pelabuhan Bebas Sabang oleh Kepala Bainprom Aceh, Iskandar MSc.

Pertemuan penting itu, selain dihadiri Rasyid Abdulla, juga hadir Flemming Dalgaard (Senior Vice President, Cooperate Strategy DP World), Thomas Butler (Business Development Manager DP World). Sedangkan dari Aceh, Gubernur Zaini didampingi oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Dubai, Heru Sudradjat; Ketua DPR Aceh Drs Hasbi Abdullah MS; dan Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh, Iskandar MSc. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemerintah Aceh-Dubai Port Kerja Sama Kembangkan Sabang

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/05/pemerintah-aceh-dubai-port-kerja-sama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemerintah Aceh-Dubai Port Kerja Sama Kembangkan Sabang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemerintah Aceh-Dubai Port Kerja Sama Kembangkan Sabang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger