Ekspor Sayur ke Penang Terus Meningkat

Written By Unknown on Jumat, 09 Mei 2014 | 16.25

BANDA ACEH - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh mengungkapkan, aktivitas dan frekwensi ekspor komoditas sayur dari Pelabuhan Krueng Geukuh, Aceh Utara, ke Pulau Penang, Malaysia, terus mengalami peningkatan.

"Pada bulan Maret lalu, frekwensi komoditas sayur yang diekspor ada tiga kali dan bulan April naik menjadi empat kali. Volume ekspor antara 150-200 ton per sekali ekspor. Bulan Mei ini kita ditargetkan naik lagi menjadi lima sampai enam kali atau lebih," kata Kepala Disperindag Aceh, Safwan, kepada Serambi, seusai acara pertemuan dengan sejumlah eksportir, Kamis (8/5).

Dia menyebutkan, jenis komoditas yang diekspor masih sama seperti bulan lalu, di antaranya kol, kentang, wortel, tomat, alpukat, buncis, kunyit, jahe, kelapa bulat dan lainnya. "Pada minggu ini, komoditas paling banyak diekspor adalah kelapa bulat. Volumenya mencapai 100 ton. 50 Ton lagi, kentang, kol, wortel, alpukat, kunyit, jahe dan lainnya," sebutnya.

Menurut salah seorang eksportir, Husyn Abi Isma, volume ekspor sayur meningkat karena masyarakat di Penang sudah mulai suka dengan sayuran asal Aceh. "Permintan terus meningkat, terutama untuk komoditas kentang, kol, buncis, tomat, alpukat, jahe, kunyit, dan kelapa bulat," sebut Husyn.

Husin mengatakan, pengiriman sayuran dari Aceh ke Pulau Penang yang telah berjalan sejak bulan Maret lalu merupakan peluang bagi eksportir sayur di Aceh untuk terus meningkatkan volume ekspornya.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh, Zulfan Nukman menilai, Pemerintah Aceh perlu memberikan dukungan penuh untuk keberlangsungan ekspor tersebut. Dukungan tersebut misalnya dengan memprogramkan areal tanaman sayuran di dua daerah penghasil sayur terbesar di Aceh, yaitu Bener Meriah dan Aceh Tengah.

"Kalau untuk tanaman kopi, Aceh sudah go internasional. Tapi untuk sayur baru dikenal di Malaysia. Malaysia harus dijadikan titik awal bagi produk sayur Aceh untuk meluaskan pasarnya sampai ke Singapura dan negara maju lainnya," imbuh Zulfan.

Pengembangan tanaman sayur dan holtikultura juga perlu dibuat secara intensif. Zulfan mengatakan, pihaknya siap membantu menfasilitasi pembiayaan melalui berbagai program kredit lunak yang terdapat di sejumlah bank umum.(her)            


Anda sedang membaca artikel tentang

Ekspor Sayur ke Penang Terus Meningkat

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/05/ekspor-sayur-ke-penang-terus-meningkat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ekspor Sayur ke Penang Terus Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ekspor Sayur ke Penang Terus Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger