Fachrul Razi tak Terkejar

Written By Unknown on Sabtu, 12 April 2014 | 16.25

* Rafli dan Haji Uma Bersaing

BANDA ACEH - Fachrul Razi MIP, Juru Bicara Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA), pada hari ketiga pascapemilu masih memimpin perolehan suara untuk calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Aceh. Hingga pukul 22.00 WIB tadi malam, alumnus FISIP Universitas Indonesia ini tak terkejar oleh 39 kandidat DPD lainnya setelah mengantongi sedikitnya 49.038 suara dari 15 kabupaten/kota se-Aceh. (Lihat tabel)

Dari 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh, Serambi baru mendapatkan data suara DPD di 15 daerah, meliputi Sabang, Banda Aceh, Pidie, Bireuen, Aceh Tengah, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tenggara, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Barat, dan Simeulue. Razi memperoleh suara mayoritas hampir merata di 15 kabupaten/kota tersebut.

Di tempat kedua bertengger Rafli "Kande", penyanyi beraliran sufi asal Aceh Selatan. Pencipta dan pelantun Hasan dan Husin ini meraup sedikitnya 25.354 suara, terutama di pantai barat dan selatan Aceh. Namun, perolehan tertinggi suaranya justru di Banda Aceh mencapai 6.902, disusul Aceh Barat 6.708 suara.

Sudirman yang populer dengan nama panggung Haji Uma, untuk sementara menempati posisi ketiga dengan perolehan 23.794 suara. Haji Uma bahkan mendulang suara di kawasan yang sedianya menjadi lumbung suara Rafli atau Adnan NS. Di Nagan, Haji Uma meraup 5.340 suara, di Aceh Barat 4.692. Tapi lumbung suaranya terbesar justru Banda Aceh. Di sini aktor komedi Eumpang Breueh ini meraih 5.685 suara.

Perolehan suara Haji Uma sekaligus menggeser posisi Ghazali Abbas Adan dan Ahmad Farhan Hamid yang dua hari lalu masih bertengger di urutan kedua dan ketiga.

Pendatang baru di delapan besar calon anggota DPD asal Aceh tahun ini adalah Mursyid, sang incumbent Anggota DPD RI. Perolehan suara tokoh muda dari Gayo ini mengakibatkan posisi Ghazali Abbas dan Farhan Hamid tergeser. Ia bahkan berpeluang menggantikan posisi Haji Uma atau bahkan Rafli, mengingat total suara 13.191 yang kini diperoleh Mursyid baru dari dua kabupaten saja, yakni Aceh Tengah dan Aceh Tenggara. Belum lagi jika ia mendapat suara dominan di Bener Meriah dan Gayo Lues, lumbung suaranya lima tahun lalu.

Nama baru yang juga melejit ke bursa delapan besar adalah Drs Anharuddin MSi, mantan Sekda Subulussalam serta Muslim yang di Nagan Raya saja berhasil mengoleksi 6.447 suara.

Total suara yang berhasil dihimpun delapan kandidat ini baru mencapai 154.097 suara.

Sebelumnya, sumber Serambi di Desk Pemilu Setda Aceh pada pukul 17.00 WIB kemarin menginformasikan bahwa secara persentase suara yang sudah masuk tetap menunjukkan Fachrul Razi MIP yang unggul. Dia meraih 17,61%, Sudirman 6,82%, Ghazali Abbas Adan 6,43%, Ahmad Farhan Hamid  5,66%, dan Rafli 4,69%. Namun, angka itu terus bergerak menjelang tengah malam dan hasilnya adalah seperti yang terlihat di dalam tabel Serambi hari ini. (dik/az/hs/naz/gun/bah/zb/as/nun/edi/riz/kh/c39/c48)

 PEROLEHAN SUARA SEMENTARA
8 BESAR CALON DPD ASAL ACEH
----------------------------
Fachrul Razi MIP    49.038
Rafli                25.354
Sudirman (Haji Uma)   23.794
Mursyid            13.191
Ghazali Abbas Adan    12.881
Ahmad Farhan Hamid    12.470
Anharuddin         9.922
Muslim                 6.447
----------------------------------------
Sumber: A1 dari 15 kabupaten/kota se-Aceh


Anda sedang membaca artikel tentang

Fachrul Razi tak Terkejar

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/04/fachrul-razi-tak-terkejar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Fachrul Razi tak Terkejar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Fachrul Razi tak Terkejar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger