Bisa Dilakukan dengan Swakelola

Written By Unknown on Jumat, 04 April 2014 | 16.25

UNTUK memfungsikan kembali bendungan irigasi sekala kecil dan menengah yang pemeliharaannya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten/Kota dapat dilakukan dengan cara swakelola atau swadaya. "Pola itu telah kami praktekkan di Aceh Besar dan hasilnya sudah dirasakan petani setempat," kata Kepala Dinas Pengairan Aceh Besar, Ir Azwar.

Tahun ini, kata Azwar, ada delapan bendungan irigasi yang kolam bendungannya harus dibersihkan dari tumpukan sedimen tanah, pasir dan batu gunung yang ada di kolam bendungan. Di antaranya, bendungan Irigasi Krueng Aceh dan Irigasi Krueng Jrue.

Untuk membersihkan sedimen atau endapan pasir, tanah dan batu dari kolam bendungan, menurut Azwar, tidak membutuhkan dana yang besar, jika pola kerjanya tak dikontrakkan kepada rekanan, melainkan diswakelolakan kepada masyarakat. Caranya, menyewa alat berat, kemudian memperkerjakan 50 warga dengan memberikan makan dan membayar uang kerja harian kepada mereka. Untuk pola seperti itu, katanya, hanya membutuhkan dana Rp 130-Rp 175 juta petr bendungan.

Pemkab Aceh Besar tak punya dana dan harus meminta bantu kepada Pemerintah Aceh untuk memperbaiki jaringan irigasi skala di bawah 1.000 hektare, yang jaringan tali air irigasinya telah retak, bocor, bolong, amblas dan hancur, sehingga airnya tak maksimal lagi masuk ke sawah petani.

Perbaikan bendungan dan jaringan irigasi itu sangat penting. Tidak hanya untuk peningkatan produksi gabah dan kesejahtraan bagi petani, tapi lebih dari untuk ketahanan pangan Aceh dan Nasional.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bisa Dilakukan dengan Swakelola

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/04/bisa-dilakukan-dengan-swakelola.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bisa Dilakukan dengan Swakelola

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bisa Dilakukan dengan Swakelola

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger