Pemerintah Aceh Perlu Siapkan Diri Hadapi AEC 2015

Written By Unknown on Kamis, 20 Maret 2014 | 16.24

BANDA ACEH - Penerapan ASEAN Economic Community (AEC) yang akan dimulai pada 31 Desember 2015 bakal menjadi babak baru bagi pengembangan perekonomian Indonesia. Aceh sebagai bagian dari stakeholder penting dalam implementasi AEC di Tanah Air, harus mempersiapkan diri mengadapi persiangan global tersebut.

"Dalam skala nasional, Pemerintah Pusat sedang melakukan berbagai upaya strategis untuk melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam memahami dan menghadapi implementasi AEC. Kami harap Pemerintah Aceh juga dapat melakukan hal yang sama untuk memperkuat upaya proteksi terhadap potensi dan produk lokal," kata anggota DPR RI, M Ali Yakob, dalam pernyataan tertulisanya kepada Serambi, Rabu (19/3).

Pada dasarnya, lanjut dia, penerapan AEC akan menunjang perluasan integrasi ekonomi regional dalam kawasan ASEAN. AEC sendiri dideklarasikan untuk mempercepat realisasi kawasan yang stabil, sejahtera, dan berdaya saing tinggi dengan memanfaatkan liberalisasi perdagangan.

Di satu sisi diperkirakan, penerapan AEC cukup positif menunjang pengembangan perekonomian Indonesia. "Namun kalau pemerintah daerah tidak ikut serta secara aktif melibatkan masyarakat untuk menghadapi AEC, hal itu juga akan menjadi boomerang. Karenanya mau tidak mau kita harus mempersiapkan para nelayan kita untuk menghadapi AEC 2015," tandasnya.

Impementasi AEC akan mempengaruhi semua sektor perekonomian masyarakat. Aceh sebagai daerah agraris dan lumbung pangan nasional memiliki tiga sektor utama yang memerlukan pemroteksian ganda dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh sendiri. Ketiga hal itu meliputi pertanian dan perkebunan, kelautan, dan UMKM dengan sejumlah produk ekspornya.

"Karena itu kalangan nelayan, para petani dan pelaku UMKM di Aceh juga perlu diingatkan untuk menghadapi AEC 2015. Apalagi diketahui saat ini, pengelolaan pertanian, perkebunan, dan kelautan di Aceh pada umumnya belum optimal menggunakan peralatan berteknologi. Kondisi ini mengakibatkan terbatasnya nilai produksi di setor-sektor tersebut, dan akan menjadi ancaman tersendiri karena produk-produk sejumlah negara tetangga memiliki kuantitas dan kualitas yang tinggi," jelas Ali Yacob.(yos)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemerintah Aceh Perlu Siapkan Diri Hadapi AEC 2015

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/03/pemerintah-aceh-perlu-siapkan-diri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemerintah Aceh Perlu Siapkan Diri Hadapi AEC 2015

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemerintah Aceh Perlu Siapkan Diri Hadapi AEC 2015

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger