Malaysia akan Bentuk Panel Internasional

Written By Unknown on Minggu, 30 Maret 2014 | 16.25

* Untuk Menyelidiki Hilangnya MH370

KUALALUMPUR - Tiga pekan berlalu sejak pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 menghilang pada 8 Maret lalu. Kementerian Transportasi Malaysia pun akan membentuk komite internasional untuk menyelidiki hilangnya pesawat Boeing 777-200ER tersebut.

Pembentukan komite internasional tersebut disampaikan Plt Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Hishammuddin Hussein seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (29/3).

Dikatakan Hishammuddin, badan-badan aviasi internasional dan intelijen juga akan diminta untuk ikut serta dalam panel internasional tersebut. Panel ini juga akan membahas pertanyaan-pertanyaan mengenai industri aviasi, pertahanan dan keamanan Malaysia.

"Saya telah mengindikasikan bahwa bukan hanya Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF) yang melakukan penyelidikan, Kementerian Transportasi juga punya panel internasional yang saat ini tengah dibentuk," tutur Hishammuddin.

"Saya yakin bahwa semua mitra kita dan negara-negara yang terlibat dalam pencarian dan penyelamatan ingin melihat apa yang kita temukan. Anda harus mengerti, kita punya Boeing, Rolls Royce, National Transportation Safety Board (NTSB), Federal Aviation Administration (FAA), badan-badan China dan Air Accidents Investigation Branch (AAIB) dari Inggris," papar pejabat tinggi negeri Jiran itu.

Dia juga mengungkapkan bahwa, Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) telah melakukan penyelidikan atas simulator penerbangan milik pilot pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370, Kapten Zaharie Ahmad Shah. Namun FBI tak menemukan sesuatu yang seram atau buruk dalam simulator tersebut.

Namun pejabat tinggi Malaysia itu menolak berkomentar lebih jauh mengenai masalah ini sampai temuan-temuan FBI tersebut selesai dibahas dengan kepolisian Malaysia.

"Hal itu akan diumumkan oleh Inspektur Jenderal Kepolisian, yang telah menyorot empat kemungkinan skenario tentang apa yang menyebabkan pesawat menghilang, yakni terorisme, pembajakan, masalah pribadi dan psikologi, atau kegagalan teknis," tutur Hishammuddin.

"Skenario-skenario tersebut telah dibahas panjang lebar dengan badan-badan intelijen yang berbeda," imbuh Hishammuddin.

Disampaikannya, selain FBI, badan Central Intelligence Agency (CIA), Dinas Intelijen Rahasia Inggris (MI6) dan badan-badan Cina juga terlibat dalam penyelidikan atas simulator penerbangan milik Kapten Zaharie.

Sebelumnya pada 14 Maret lalu, aparat polisi menggeledah kediaman Kapten Zaharie (53) dan menyita simulator penerbangannya untuk diperiksa. Hal itu dilakukan setelah PM Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak mengumumkan bahwa pesawat MH370 diduga telah dialihkan ke rute lain dengan sengaja. Kepolisian Malaysia juga telah menggeledah rumah kopilot Fariq Abdul Hamid (27).(afp/rtr/dtc/ask)


Anda sedang membaca artikel tentang

Malaysia akan Bentuk Panel Internasional

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/03/malaysia-akan-bentuk-panel-internasional.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Malaysia akan Bentuk Panel Internasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Malaysia akan Bentuk Panel Internasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger