Pertamina Tambah 5.150 Tabung Elpiji 12 Kg

Written By Unknown on Jumat, 10 Januari 2014 | 16.24

BANDA ACEH - PT Pertamina (Persero) menambah pasokan elpiji kemasan 12 kg untuk wilayah Aceh pada bulan Januari ini. Penambahan tersebut terdiri atas 5.150 tabung elpiji 12 kg dan 29.120 tabung elpiji 3 kg.

Hal ini dilakukan untuk memperlancar proses pendistribusian ke tangan konsumen di samping untuk mengantisipasi keluhan masyarakat terkait kelangkaan elpiji kemasan 12 kg dan 3 kg.

"Untuk menjaga agar proses pendistribusian tetap lancar, maka pada Januari ini kita tambah pasokan elpiji 12 dan 3 kilogram untuk wilayah Aceh. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan permintaan dan kemungkinan adanya potensi migrasi konsumen elpiji nonsubsidi 12 kilogram ke elipji subsidi 3 kilogram," kata Marketing Branch Manager Pertamina Aceh, Aribawa saat konferensi pers, Kamis (9/1).

Aribawa menyebutkan, berdasarkan laporan realisasi tahun 2013 di Aceh, total penggunaan elpiji 12 kg sebesar 2.218.024 tabung atau 22.616 MT. Secara rata-rata per bulan menghabiskan 184.835 tabung atau 2.218 MT, sedangkan untuk rata-rata per hari elpiji 12 kg dipakai 6.077 tabung atau 73 MT.

"Memang kalau dilihat masyarakat Aceh masih banyak yang memakai elpiji subsidi pemerintah, bila dibandingkan elpiji 12 kilogram. Untuk itu dalam beberapa hari ini kita telah menambah pasokan untuk elpiji 12 kilogram juga untuk elpiji 3 kilogram. Pertamina terus berkomitmen menjaga ketersediaan pasokan elpiji subsidi dan nonsubsidi dalam kondisi aman," ujarnya.

Terkait harga jual elpiji 12 kg, Aribawa menegaskan harga resmi yang ditetapkan Pertamina sebagaimana yang telah tersebar di spanduk-spanduk pengumuman yang ditempel di outlet-outlet resmi.

"Jika agen terbukti menjual elpiji 12 kg di atas ketentuan yang ditetapkan Pertamina, bahkan melakukan penimbunan. Pertamina akan memperberat sanksi berupa pemutusan hubungan kerja secara langsung," tegas Aribawa.

Ditambahkan, Pertamina juga memaksimalkan SPBU sebagai tempat penjualan elpiji baik kemasan 12 kg maupun 3 kg, sehingga memudahkan masyarakat membeli elpiji di daerahnya masing-masing.

Lakukan OP
Mencegah terjadinya penimbunan serta kenaikan harga elpiji di atas harga yang telah ditetapkan, Kamis kemarin Pertamina menggelar operasi pasar (OP) gabungan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh serta Hiswana Migas Aceh.

Mereka meninjau empat lokasi. Pertama, agen resmi Pertamina PT Loonmita Gah di Jalan Teuku Umar, Banda Aceh. Hasilnya, penjualan di tempat ini sudah sesuai dengan harga resmi yang ditetapkan Pertamina. Selain itu, saat Pertamina mengecek isi tabung, isinya pun sesuai dengan berat yang tercantum di tabung, yakni 12 kg.

Operasi pasar oleh tim gabungan itu dilanjutkan ke tiga toko pengecer elpiji. Di tiga toko itu terungkap bahwa pedagang menjual elpiji 12 kg dengan harga bervariasi. Antara Rp 100.000 sampai Rp 105.000.

Seorang pemilik toko yang didatangi tim gabungan operasi pasar, Cici mengaku, saat ini dia masih menjual elpiji 12 kg dengan harga 105.000 per tabung. Sehari dia mendapatkan sepuluh tabung dari agen resmi.

Diakuinya, stok yang dijual kini merupakan stok elpiji baru, bukan lagi stok yang dibeli saat harga elpiji naik pada 1 Januari lalu. "Saya juga bingung mau jual berapa. Kami beli pada awal kenaikan. Jadi, wajar jika kita jual dengan harga yang sedikit naik. Ke depan kami usahakan untuk menyesuaikan dengan harga yang baru sekarang," terang Cici.

Terkait pengakuan Cici ini, Kadisperindag Aceh, Safwan mengatakan, terus mengawasi atau memonitor harga elpiji yang dijual pihak pengecer, supaya harganya tidak terlalu melambung dari harga resmi yang telah resmi ditetapkan sekarang.

Sementara itu, Ketua Hiswana Migas Aceh, Faisal Budiman menambahkan, dengan adanya patokan harga yang diumumkan dan ditetapkan Pertamina, maka potensi gelojak harga dapat ditekan seminimal mungkin oleh outlet-outlet resmi Pertamina. (ni)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pertamina Tambah 5.150 Tabung Elpiji 12 Kg

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/01/pertamina-tambah-5150-tabung-elpiji-12.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pertamina Tambah 5.150 Tabung Elpiji 12 Kg

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pertamina Tambah 5.150 Tabung Elpiji 12 Kg

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger