Ulama Singkil Meninggal Saat Pimpin Doa

Written By Unknown on Jumat, 27 Desember 2013 | 16.24

SINGKIL - Haji Muhammad Yakub, ustaz yang tergabung dalam Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Kamis (26/12) siang meninggal dalam usia 70 tahun, saat memimpin doa peringatan sembilan tahun tsunami di Masjid Baitul Muhtadin, Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Kejadian itu sontak mengejutkan ratusan jamaah yang sedang khusyuk mengikuti doa yang dipimpinnya. "Sedang memimpin doa, tiba-tiba saja beliau jatuh dan tersungkur ke lantai masjid. Setelah mengetahui beliau meninggal, doa tetap dilanjutkan oleh ustaz yang lain," kata Lukman, pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Baitul Muhtadin, saat dihubungi Serambi dari Singkil, Kamis kemarin.

Acara peringatan tsunami di masjid itu diisi dengan pembacaan Surah Yasin dan ditutup dengan doa bersama. Saat memimpin doa itulah H Muhamad Yakub dipanggil Ilahi. Sebelumnya, tak ada tanda-tanda ayah lima anak ini sedang sakit. Bahkan saat shalat Subuh dialah yang menjadi imam di Masjid Baitul Muhtadin.

Menurut Lukman, Ustaz Muhammad Yakub memimpin doa dalam posisi duduk bersila. Tiba-tiba ia jatuh ke lantai masjid dalam posisi bersujud. Jamaah yang berada di sampingnya berusaha menolong untuk membangunkannya. Tapi tak ada reaksi apa pun. Saat itulah langsung diketahui bahwa Ustaz Muhamad Yakub sudah mengembuskan napas terakhir.

Jenazah almarhum kemudian diusung dari ke masjid ke rumah duka yang berada di Desa Pulau Baguk untuk dimakamkan pada hari yang sama.

Meninggalnya ulama sepuh ini menyisakan duka mendalam di kalangan warga Pulau Banyak yang sedang larut dalam nestapa mengenang peristiwa tsunami dan para korbannya sembilan tahun silam. "Masyarakat Pulau Banyak merasa sangat kehilangan, karena tinggal beliaulah ulama karismatik yang ada di pulau ini," ujar Lukman sembari menambahkan bahwa Haji Muhamad Yakub merupakan sesepuh kampung, tempat warga biasanya meminta petuah agama.

Kabar meninggalnya almarhum dengan cepat menyebar ke wilayah daratan Aceh Singkil. Maklum ia dikenal sebagai tokoh agama dari daerah kepulauan itu. Muhamad Yakub meninggalkan seorang istri dan lima putra-putri. (c39)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ulama Singkil Meninggal Saat Pimpin Doa

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/12/ulama-singkil-meninggal-saat-pimpin-doa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ulama Singkil Meninggal Saat Pimpin Doa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ulama Singkil Meninggal Saat Pimpin Doa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger