Batu Gendang, Objek Wisata Baru di Kota Sabang

Written By Unknown on Jumat, 27 Desember 2013 | 16.24

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - BERTAMBAH lagi objek wisata di Kota Sabang. Batu Gendang namanya, berlokasi di hutan Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya. Dinamakan batu gendang karena saat dipukul dengan gagang pisau atau kayu, batu itu menimbulkan bunyi mirip suara gendang yang ditabuh.

Benda ini pertama kali ditemukan oleh tiga sekawan yang awal namanya berhuruf S, Sabirin, Saddam Husin, dan Sabri, semuanya warga Sabang. Mereka temukan pada suatu siang saat bulan Ramadhan atau Juli 2013 lalu, seusai shalat Zuhur. Tiga sekawan itu pula yang Sepakat menamakan batu itu "Batu Gendang". Karena temuan mereka dinilai bermanfaat bagi dunia pariwisata Sabang, akhirnya tiga sekawan itu diganjar hadiah oleh Pemerintah Kota (Pemko) Sabang. Penghargaannya diserahkan pada Senin (23/12/2013) pagi oleh Wakil Wali Kota Sabang, Nazaruddin, di ruang kerjanya, berupa sertifikat dan uang tunai masing-masing Rp 5 juta sebelum dikurangi pajak.

"Alhamdulillah, temuan kami dihargai Pemko Sabang. Kami sangat berterima kasih meski kami dari awal tak berharap hadiah," ujar Sabirin, salah satu penemu Batu Gendang, yang dihubungi Serambi via telepon, Jumat (27/12/2013) pagi.

Batu unik itu pun ditemukan secara tak sengaja. "Awalnya saat puasa lalu kami berniat mencari burung ke hutan. Baru sekitar 20 menit masuk pinggiran hutan Iboih tiba-tiba terdengar suara seperti orang berzikir bersahutan. Lalu kami ikuti sumber suara itu dan sampailah kami ke batu besar itu," kata Sabirin. Saddam Husin, teman Sabirin, langsung mengetuk-ngetukkan gagang pisau di tangannya ke permukaan batu cadas selebar 3 meter dan tinggi 1 meter itu. Sontak terdengar suara bergema yang mirip bunyi gendang ditabuh. "Kami langsung tertarik, apalagi di sampingnya terdapat batu datar yang kalau shalat berjamaah di atasnya muat sepuluh orang," ungkap Sabirin.

Batu yang baru ditemukan itu langsung mereka syuting menggunakan fasilitas video handphone. Kemudian, video itu mereka edarkan dalam lingkup terbatas di Kota Sabang. Juga secara khusus mereka perlihatkan kepada Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam. Wali Kota langsung tertarik, kemudian mengutus tim dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Sabang untuk mengecek sekaligus mendokumentasikannya dalam bentuk video. Selanjutnya, Wali Kota Sabang mengunggah video tersebut ke Youtube sehingga tayangan tentang Batu Gendang itu kini tersebar luas ke mancanegara. Bahkan mulai ada turis asing yang meresponsnya. Terbukti ada turis yang sesampai di Sabang minta diantarkan ke objek Batu Gendang. "Tapi jalannya belum ada, masih melewati semak belukar dan bebatuan," kata Sabirin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Sabang, Zulfi Purnawati SSos yang ditanyai Serambi, Jumat (27/12/2013) pagi mengatakan, sudah mencatat Batu Gendang tersebut sebagai objek wisata nomor urut ke-20 di Sabang. "Layak dilestarikan dan dipromosikan karena memang unik dan menarik," kata Zulfi. Zulfi sendiri mengaku pernah ke sana. Sepulang dari sana ia selalu terbayang-bayang keunikan Batu Gendang itu. Apa lagi di sebelahnya ada batu datar yang bisa digunakan sebagai tempat shalat berjamaah untuk sepuluh orang. "Saya bahkan terbayang-bayang seperti ada orang yang bersila sambil berzikir di atas batu itu. Juga seperti ada bisikan supaya saya bersihkan tempat itu, sehingga saya coba bersihkan dan lestarikan," kata Zulfi.

Atas persetujuan Wali Kota dan DPRA, kata Zulfi, tahun depan akan dirintis jalan tembus menuju situs Batu Gendang itu. Zulfi mengaku pernah pula memukulkan kayu yang ujungnya dibulatkan ke batu itu. "Benar, bunyi dan gemanya mirip suara gendang yang ditabuh," aku Zulfi. Setelah Batu Gendang ditemukan, kata Zulfi, ada staf Budpar Sabang yang membawa paranormal ke lokasi itu. Setelah diterawang, sang paranormal mengatakan bahwa batu di sebelah Batu Gendang itu dulunya pernah digunakan sebagai tempat shalat berjamaah oleh Teungku Iboih (suami Rubiah) dan pengikutnya. Malah beberapa dari sembilan Wali Songo pernah shalat berjamaah di atas batu itu.

Nah, penggalan cerita versi paranormal itu, Anda boleh percaya, boleh tidak. Tapi yang pasti, Batu Gendang dan batu datar di sebelahnya memang ada dan kini menambah khazanah objek wisata menarik di kota eksotik, Sabang.(*)

http://www.youtube.com/watch?v=Cccs2dkLubI


Anda sedang membaca artikel tentang

Batu Gendang, Objek Wisata Baru di Kota Sabang

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/12/batu-gendang-objek-wisata-baru-di-kota.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Batu Gendang, Objek Wisata Baru di Kota Sabang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Batu Gendang, Objek Wisata Baru di Kota Sabang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger