Penuh Sesak Menjelang Wukuf

Written By Unknown on Sabtu, 12 Oktober 2013 | 16.24

Laporan Wartawan Serambi, Nurdinsyam dari Mekkah

JUMAT terakhir dua hari menjelang keberangkatan jamaah ke Arafah dan Mina (Armina), Masjidil Haram disesaki jamaah. Tak kurang empat juta umat Islam sedunia memenuhi setiap jengkal Masjidil Haram hingga ke lantai empat maupun seluruh pelataran luar masjidil itu berikut jalan selingkarnya, kemarin.

Sementara itu, Pemerintah Arab Saudi telah menutup jadwal kedatangan jamaah pada seluruh maktab yang ada.

Seluruh jamaah berjalan kaki menuju Haram, karena terhitung sejak Kamis (10/10), bus-bus yang melayani pengangkutan jamaah secara gratis dari maktab di seantero Mekkah ditarik ke pangkalan, untuk persiapan angkutan ke Armina. Akibatnya, seluruh jamaah memenuhi terowongan-terowongan yang terakses dari maktab langsung ke gerbang Masjidil Haram.

Tampak sejak pukul 09.00 Waktu Arab Saudi (WAS), Masjidil Haram di bagian dalam telah penuh sesak di seluruh lantai, kecuali lantai atas yang sedikit lowong. Bahkan di pelataran yang sudah dibersihkan, tampak jamaah berjubel. Sementara rangkaian shalat Jumat baru dimulai pukul 12.07 WAS. Tampak juga ratusan polisi yang disiagakan di masjid, sibuk mengatur jamaah yang mencoba berdiri semaunya, terutama jamaah seputar negara Arab dan tanduk Afrika, hingga menutup akses jalur masuk jamaah yang terus datang bagai air bah.

Khatib dalam ceramahnya mengulas seputar keutamaan rukun haji di Armina serta fadilahnya.

Sementara itu, Kamis malam, jamaah haji Indonesia dan negara lain, telah mendapat bimbingan singkat di kelompok masing masing tentang teknis pelaksanaan Armina yang akan dimulai Minggu pagi, saat jamaah bergeser menuju Padang Arafah. Juga telah didata jamaah yang mungkin akan disafariwukufkan, karena kondisi kesehatannya yang tak memungkinkan. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Penuh Sesak Menjelang Wukuf

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/penuh-sesak-menjelang-wukuf.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penuh Sesak Menjelang Wukuf

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penuh Sesak Menjelang Wukuf

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger