Faktor Ekonomi Pemicu Terjadinya Traficking

Written By Unknown on Rabu, 16 Oktober 2013 | 16.24

BANDA ACEH - Faktor ekonomi dan kemiskinan menjadi pemicu utama terjadinya kasus traficking (perdagangan manusia) di Aceh akhir-akhir ini. Selain itu, faktor lain yang mendukung terjadinya kasus ini adalah karena ketidaktahuan korban dan faktor mencari lapangan kerja.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Aceh, Dahlia MAg kepada Serambi, Sabtu (12/10). Ia menjelaskan, untuk menghindari terjadinya traficking yaitu dengan tidak mudah percaya dengan tawaran pekerjaan yang menjanjikan gaji besar dan memastikan perusahaan terdaftar resmi di pemerintah. "Apabila sudah terdaftar secara resmi, keluarga pun akan mudah mencarinya. Pengurusan perpanjangan paspor dapat dikoordinasikan melalui lembaga tersebut yang juga memiliki perwakilan di Malaysia, serta lembaga ini juga memulangkan tenaga kerja yang bermasalah," jelasnya.

Menurut Dahlia, usaha lain untuk menghindari kasus traficking pihaknya terus melakukan sosialisasi ke kabupaten/kota serta penguatan ekonomi melalui pelatihan keterampilan kerja. "Apabila sudah memiliki keterampilan bekerja, maka tidak perlu lagi mencari pekerjaan di tempat orang melainkan dapat menciptakan lapangan kerja di tempat sendiri," ujarnya.

Menurutnya kasus traficking tersebut belum dapat diatasi sampai tuntas, meski ada beberapa pelaku yang berhasil ditangkap oleh pihak polisi. Namun, kata Dahlia para pelaku ini memiliki jaringan yang tidak mudah untuk diketahui, serta identitas dan BL mobil yang digunakan dapat diganti maupun ditukar.

"Saat dicek ke desa tempat tinggalnya, namanya sudah lain lagi. Kasus traficking banyak terjadi berdasarkan laporan dari masyarakat yang kita terima. Namun untuk mengungkapkan kasus ini sulit dilakukan, karena pekerjaan mereka terkoordinir dengan rapi," ungkap Dahlia.

Menurutnya kasus ini baru terungkap saat ada korban yang melarikan diri atau dibuang di kebun-kebun karet. Hal itu dilakukan pelaku, kata Dahlia karena para korban sudah tidak berguna lagi bagi orang-orang yang sudah membeli mereka dari agen maupun germo. Umumnya korban traficking mengalami gangguan jiwa, stres, dan sering berbicara sendiri. Hal itu terjadi karena selama berada di tangan pelaku korban tidak diperlakukan secara manusiawi, hak-haknya tidak dipenuhi seperti untuk dapat berkomunikasi dengan keluarga, saat sakit tidak diobati, tidak diberi upah dari pekerjaannya, dan mengalami kekerasan.

Dahlia menambahkan para korban dipaksa untuk bekerja agar target yang diharapkan pelaku dapat terpenuhi. Para korban traficking ini jual ke Malaysia, Thailand, Singapura, Jakarta, dan Medan.

Sebab itu, ia mengimbau agar para orangtua dapat mengawasi dan menjaga anak-anaknya agar tidak menjadi sasaran traficking. Karena pelaku bisa saja orang-orang terdekat maupun disekeliling korban.

"Secara nasional pelaku traficking merupakan orangtuanya sendiri yang tak sanggup menafkahi. Di Aceh hal itu belum terjadi, tapi orang lain mendatangi anak-anak maupun perempuan dari keluarga miskin dengan diiming-imingi pekerjaan dan gaji besar."

Selain sasarannya dari keluarga miskin, menurutnya kasus traficking juga terjadi pada korban yang ingin berpenampilan mewah. Maka dengan diiming-imingi uang, korban akan menuruti keinginan pelaku dan kemudian dijual untuk dijadikan pekerja seks ataupun pembantu rumah tangga.(hs)


Anda sedang membaca artikel tentang

Faktor Ekonomi Pemicu Terjadinya Traficking

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/faktor-ekonomi-pemicu-terjadinya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Faktor Ekonomi Pemicu Terjadinya Traficking

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Faktor Ekonomi Pemicu Terjadinya Traficking

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger