Gunung Sinabung Meletus Lagi

Written By Unknown on Rabu, 16 Oktober 2013 | 16.24

* Statusnya Masih 'Waspada'

MEDAN - Gunung Sinabung di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali meletus Selasa (15/10) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, bahkan belum ada arahan untuk masyarakat agar segera mengungsi dari lokasi bencana. Status gunung itu pun belum ditingkatkan dari waspada ke siaga.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Sinabung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Armen Putra mengatakan, terjadi dua kali erupsi di Gunung Sinabung, masing-masing pada pukul 01.15 dan pukul 04.35 WIB. Berdasarkan amatan petugas pemantau, dua letusan itu membentuk kawah baru di jalur pendakian.

"Ada kawah baru di dekat Danau Laukawar, persis di jalur pendakian," kata Putra ketika dikonfirmasi Serambi dari Medan, Selasa (15/10) siang.

Menurutnya, letusan pertama lebih besar, sehingga diyakini sebagai penyebab munculnya kawah baru itu. Bahkan hingga Selasa siang Sinabung masih mengeluarkan asap tebal. Seismograf  masih mencatat beberapa kali gempa di seputaran kaki gunung. Meski begitu, status gunung  ini belum berubah dari status waspada ke siaga.

Menurut Armen, belum ada perintah evakuasi warga di seputar kaki Sinabung ke tempat pengungsian.  "Status masih waspada. Ini sama dengan status pascaletusan bulan lalu," lanjut Armen.

Status waspada gunung berapi paling aktif di Sumut ini diturunkan tanggal 29 September 2013, seiring dengan berakhirnya masa tanggap darurat akibat letusan pada medio September lalu.

Hingga tadi malam pemantauan terhadap gunung yang tingginya hampir 4.000 meter itu terus dilakukan dan Petugas Pos Pemantauan Gunung Sinabung akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait soal penetapan status gunung tersebut pascaerupsi kemarin.

"Kemungkinan akan ada letusan kalau begini. Tapi kita belum tahu. Masih dipantau," katanya.

Bulan lalu, pada tanggal yang sama (15/9) Gunung Sinabung juga meletus, disusul letusan kedua pada Selasa (17/9), sehingga status gunung itu ditingkatkan dari waspada menjadi siaga. Ketika itu sedikitnya empat desa dikosongkan karena terimbas langsung debu vulkanik yang dikeluarkan Sinabung. Sedikitnya 15.691 orang diungsikan ke berbagai jambur (pendapa). (mad)


Anda sedang membaca artikel tentang

Gunung Sinabung Meletus Lagi

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/gunung-sinabung-meletus-lagi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gunung Sinabung Meletus Lagi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gunung Sinabung Meletus Lagi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger