Calon Pawascam di 3 Daerah Ikut Tes

Written By Unknown on Jumat, 18 Oktober 2013 | 16.24

MEUREUDU - Ratusan calon anggota Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) di tiga kabupaten/kota, mengikuti berbagai tes di tiga lokasi terpisah. Tiga Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) yang melaksanakan tes untuk Panwascam masing-masing Panwascam Pidie Jaya (Pijay), Kota Langsa, dan Aceh Tamiang.

Panwaslu Pijay, Kamis (17/10) melakukan tes wawancara terhadap 48 calon anggota Panwascam di Kantor Panwaslu setempat, kawasan  Meureudu. Mereka yang ikut wawancara itu adalah yang telah lulus tes tulis pada Minggu (13/10). "Nanti hanya 24 orang yang akan diangkat sebagai anggota Panwascam untuk ditempatkan di delepan kecamatan yang ada di Pijay," jelas Ketua Panwasu Pidie Jaya, M Yusuf SPd kepada Serambi, Kamis (17/10).

Saat tes wawancara, sebutnya, peserta ditanyai wawasan tentang syariat, kepemiluan, umum, penyelesaian pelangggaran pilkada, serta kepepimpinan dan wawasan kebangsaan. "Besok (hari ini-red) hasil tes itu kita umumkan dan Sabtu lusa mereka yang lulus akan dilantik dikukuskan dan diambil sumpah," pungkasnya.

Di Kota Langsa, sebanyak 84 peserta dari 87 orang calon anggota Panwascam yang lulus administrasi, Kamis (17/10) mengikuti ujian tulis di Aula SMK Kota Langsa. Sementara tiga orang tidak hadir meski sudah ditunggu selama satu jam.

Komisioner Panwaslu Kota Langsa, Kamaliah Fauzi ST kepada Serambi mengatakan, pihaknya hanya menyedikan tempat, sedangkan lembaran ujian dikirim dari Panwaslu Aceh. "Dari 84 peserta, nanti hanya 45 orang yang dinyatakan lulus dan akan mengikuti tes wawancara. Hasil ujian tulis ini akan kita umumkan pada 21 Oktober 2013," jelasnya.

Dari 45 peserta yang akan mengikuti wawancara nantinya, tambah Kamaliah, akan ditetapkan tiga orang sebagai anggota Panwascam untuk setiap kecamatan dan tiga orang yang lulus cadangan di masing-masing kecamatan.

 Sementara itu, sebanyak 71 calon anggota Panwascam di Aceh Tamiang akan mengikuti tes kelayakan pada 22-23 Oktober ini setelah mereka lulus ujian tulis pada 13 Oktober lalu di SMP Negeri 1 Karang Baru.

"Tes akan kita lakukan secara fair, tidak ada titipan seperti yang diisukan. Mereka yang lulus ujian tulis beberapa waktu lalu merupakan hasil kemampuan peserta, bukan orang-orang titipan," tegas Ketua Panwas Aceh Tamiang, Syaiful Alam SE kepada Serambi, kemarin.

Setelah ditetapkan tiga nama panwascam untuk setiap kecamatan, tambah Syaiful, pihaknya memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberi tanggapan secara tertulis terhadap calon Panwascam yang lulus tersebut. Tujuannya, untuk menghindari protes-protes di kemudian hari saat anggota Panwascam bertugas.(c43/yuh/md)


Anda sedang membaca artikel tentang

Calon Pawascam di 3 Daerah Ikut Tes

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/calon-pawascam-di-3-daerah-ikut-tes.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Calon Pawascam di 3 Daerah Ikut Tes

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Calon Pawascam di 3 Daerah Ikut Tes

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger