Lion dari Aceh Mendarat Darurat di KL

Written By Unknown on Jumat, 13 September 2013 | 16.25

* Tak Bisa Mendarat di Medan Akibat Kabut Tebal

MEDAN - Kabut tebal yang menyelimuti Kota Medan, Kamis 12//9) pagi, mengakibatkan sejumlah penerbangan terganggu, termasuk pesawat Lion Air yang terbang dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar.

Pesawat dengan nomor penerbangan JT 397 itu seharusnya mendarat di Bandara Kualanamu, Deliserdang, untuk transit sebelum melanjutkan penerbangan ke Bandara Soekarno-Hatta. Namun karena kondisi landasan yang ditutupi kabut, administrasi bandara mengalihkan pendaratan darurat ke Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Malaysia.

Manager Service Bandara Kualanamu, Ali Sofyan, kepada wartawan memastikan tidak terjadi dampak negatif apapun dalam insiden itu. Ia menilai pengalihan itu sudah sesuai prosedur dunia penerbangan. "Yang saya terima ada tiga penerbangan yang terganggu. Tapi tidak ada masalah serius, hanya masalah kabut," kata dia.

Informasi lain yang diterima Serambi, sedikitnya ada 10 maskapai menunda keberangkatan karena cuaca yang tidak mendukung. Bahkan Lion Air JT 381 tujuan Jakarta terpaksa kembali ke Bandara Kualanamu karena tak mau mengambil risiko.

"Informasi yang diumumkan di sini ada 10 penerbangan yang terganggu. Semuanya karena kabut," ujar Johan, calon penumpang Tiger Airways.

Kepala Analisa Data dan Informasi BMKG Bandara Internasional Kualanamu internasional, Deliserdang Mega Sirait mengatakan, kabut tebal sudah terjadi Rabu (11/9) malam dan perlahan menghilang pada Kamis (12/9) sekira pukul 10.00 WIB. "Visibility (jarak penglihatan) mencapai 200 meter tadi pagi, sehingga sejumlah penerbangan pagi tadi sempat dialihkan," ujar Mega.

Menurut analisisnya, ketebalan kabut itu akibat curah hujan yang tinggi dalam satu bulan terakhir ini. Akibatnya terjadi pergeseran suhu lembab mencapai 23 derajat celcius. "Kelembaban permukaan bumi cukup tinggi mencapai 100 derajat celsius sejak musim penghujan dua bulan terakhir. Sehingga saat sinar matahari menembus permukaan bumi maka proses kondensasi terjadi dan menimbulkan uap embun tebal," demikian jelas Mega.(mad)


Anda sedang membaca artikel tentang

Lion dari Aceh Mendarat Darurat di KL

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/09/lion-dari-aceh-mendarat-darurat-di-kl.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lion dari Aceh Mendarat Darurat di KL

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lion dari Aceh Mendarat Darurat di KL

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger