Dinkes Didesak Atasi Krisis Obat

Written By Unknown on Jumat, 13 September 2013 | 16.25

LHOKSUKON - Kalangan anggota Komisi E DPRK Aceh Utara dan Lembaga Advokasi Buruh Nelayan Aceh (Labna) Perwakilan Lhokseumawe dan Aceh Utara mendesak Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Utara untuk segera mengatasi krisis obat yang terjadi pada sejumlah Puskesmas di kabupaten itu. Pasalnya, krisis obat yang terjadi sejak dua pekan lalu sampai kemarin belum teratasi.

Krisis obat tersebut merupakan kasus yang kesekian kalinya terjadi di Aceh Utara. Beberapa waktu lalu, hal serupa juga pernah terjadi. "Dalam setiap pertemuan, saat kami tanyakan soal stok obat, Kadis Kesehatan selalu menyatakan mencukupi dan tidak ada kendala. Tapi, hari ini (kemarin-red) kami sudah dengar lagi warga yang mengeluh karena tak obat di Puskesmas," kata Sekretaris Komisi E DPRK Aceh Utara, M Nasir Taher kepada Serambi, kemarin.

Untuk menindaklanjuti tersebut, menurut M Nasir, pihaknya segera memanggil Kadis Kesehatan Aceh Utara untuk mempertanyakan masalah tersebut langsung. "Harapan kita, Kepala Dinas Kesehatan jangan  hanya menyatakan stok obat mencukupi, tapi pada kenyataannya di Puskesmas obat tak tersedia," ungkapnya.

Secara terpisah, Ketua Perwakilan Labna Aceh Utara dan Lhokseumawe, Hasanuddin, kemarin, mengatakan, kalau stok obat di gudang Dinkes Aceh Utara masih banyak seperti yang disampaikan Kadis Kesehatan, harusnya obat itu segera dibagikan kepada seluruh puskesmas supaya masyarakat bisa memperoleh obat yang mereka butuhkan. "Kita juga mendesak kepala puskesmas proaktif untuk melapor ke dinas, jika stok obat sudah habis. Jangan sampai masyarakat yang dikorbankan," harap Hasanuddin.

Seperti diberitakan kemarin, sejumlah puskesmas di Aceh Utara sejak dua pekan lalu mengalami krisis obat. Hingga Rabu (11/9), masalah itu belum teratasi. Akibatnya, warga yang berobat ke puskesmas tertentu harus membeli obat ke apotik. Sementara Kadis Kesehatan Aceh Utara, M Nurdin MKes, membantah hal itu. Menurutnya, stok obat di gudang Dinkes Aceh Utara sangat mencukupi.(c37)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dinkes Didesak Atasi Krisis Obat

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/09/dinkes-didesak-atasi-krisis-obat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dinkes Didesak Atasi Krisis Obat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dinkes Didesak Atasi Krisis Obat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger