Hari Ini, Rapa-i Geleng dan Zikir Maulid Dilombakan

Written By Unknown on Sabtu, 21 September 2013 | 16.25

BANDA ACEH - Sebanyak 19 atraksi budaya, kreasi seni, dan permainan rakyat Aceh akan ditampilkan mulai hari ini, Sabtu (21/9), dalam ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 6 hingga even budaya lima tahunan ini ditutup pada 29 September mendatang. Di antara cabang yang dilombakan itu adalah tari rapa-i geleng, zikir maulid, geulayang tunang (lomba layangan), dan meuen galah (main galah).

Berdasarkan jadwal final yang sudah disusun panitia, rapa-i geleng diperlombakan mulai pukul 17.20 WIB hari ini di Gedung Sosial Banda Aceh. Pada hari pertama, hanya sembilan kontingen yang ikut lomba  rapa-i geleng, yakni Kota Banda Aceh, Sabang, Langsa, Subulussalam, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya (Abdya), Simeulue, dan Aceh Timur.

Menurut Sekretaris Panitia PKA 6, Drs Adami Umar MPd, kepada Serambi, Jumat (20/9) kemarin, masing-masing kontingen diberi waktu 15 menit untuk tampil menarikan rapa-i geleng. Diawali kontingen Banda Aceh pada pukul 17.20 WIB, diakhiri oleh kontingen Aceh Tamiang pada pukul 22.10 WIB. Besok dan seterusnya, giliran kabupaten/kota lainnya pula yang tampil. "Perlombaan pada malam hari selalu digelar seusai shalat Isya," kata Adami Umar.

Adapun zikir maulid yang diperlombakan mulai hari ini dipusatkan di Gedung Sosial yang disebut juga Gedung Chik Di Tiro. Tampil perdana adalah kontingen Kota Subulussalam pukul 16.30 WIB, disusul Pidie Jaya, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Tenggara, dan Abdya pada pukul 21.50 WIB. Masing-masing kontingen tampil setengah jam. Sedangkan

kabupaten/kota lainnya akan tampil pada hari berikutnya di tempat yang sama.

Menurut Adami Umar, pada prinsipnya sepanjang PKA hampir setiap jam (kecuali dini hari hingga pagi) ada cabang kesenian dan permainan rakyat yang diperlombakan.

Untuk memudahkan penonton atau pengunjung yang ingin menyaksikan aneka lomba tersebut, panitia telah menetapkan sejumlah tempat pelaksanaan. Misalnya, rapa-i geleng, dalail khairat, dan zikir maulid dipusatkan di Gedung Sosial yang terdapat di Jalan Tgk Chik Di Tiro. Sedangkan festival rebana, paduan suara, seni teater, kaligrafi Alquran, peragaan busana, dan seni ukir/pakar dipusatkan di Taman Budaya, Jalan Teuku Umar Banda Aceh.

Sedangkan tari saman, seudati, dan ranup lampuan diperlombakan di Taman Ratu Safiatuddin. Di taman itu pula dilombakan upacara adat perkawinan oleh masing-masing kontingen mulai pagi ini.

Museum Tsunami yang megah itu juga akan digunakan sebagai empat lomba suson ranub (merangkai sirih) pada hari Minggu (22/8) mulai pukul 09.00 WIB hingga sore.

Adapun geulayang tunang dipusatkan di bantaran Krueng Lamnyong pada Rabu-Kamis (25-26/9) sore hari. Meuen galah dipusatkan di Lapangan Tugu Darussalam pada hari Minggu-Selasa (22-24/9) sejak pagi hingga sore.

Di luar gelar budaya dan permainan rakyat itu, PKA kali ini juga menggelar Temu Budaya, berupa seminar budaya dan sejarah Aceh yang dipusatkan di Gedung AAC Sultan Selim II pada 25 dan 26 September. Sedangkan anugerah budaya dilaksanakan di Hermes Palace Hotel pada Sabtu (28/9) pagi.

Menurut Adami Umar, sasaran dari semua rangkaian kegiatan itu adalah menumbuhkan motivasi, daya cipta para seniman/budayawan, dan masyarakat. "Target lainnya adalah menguatnya perhatian pemerintah dalam pengembangan kebudayaan Aceh," kata Adami yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Parisiwata Aceh itu. (dik)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hari Ini, Rapa-i Geleng dan Zikir Maulid Dilombakan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/09/hari-ini-rapa-i-geleng-dan-zikir-maulid.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hari Ini, Rapa-i Geleng dan Zikir Maulid Dilombakan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hari Ini, Rapa-i Geleng dan Zikir Maulid Dilombakan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger