Laporan Pelanggaran Pemilu di Aceh tak Banyak

Written By Unknown on Kamis, 29 Agustus 2013 | 16.25

BANDA ACEH - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Prof Dr Jimly Asshiddiqie, mengingatkan pihak penyelenggara pemilu, yaitu Komisi Independen Pemilihan (KIP), agar berkoordinasi dengan pemerintah.

Hal itu ia sampaikan kepada para wartawan usai menjadi pemateri dalam orientasi tugas KIP kabupaten/kota se-Aceh di The Pade Hotel, Banda Aceh, Rabu (28/8).

"Meskipun tanggung jawab sudah beralih dari pemerintah ke KIP, tapi koordinasi dengan pemerintah itu mutlak. KIP memang lembaga independen, tapi berdasarkan UU, KIP punya tanggung jawab agar tetap bersinergi dalam melaksanakan tugasnya dengan semua stakeholder terkait," katanya.

Terkait dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi, ia mengatakan, DKPP sampai saat ini telah menerima banyak sekali laporan, tidak hanya dari Aceh tapi juga dari provinsi lain di Indonesia.

"Banyak sekali laporan yang masuk ke DKPP. Dibandingkan daerah lain, laporan dari Aceh itu tidak banyak," ujarnya seraya menolak memaparkan kasus yang dilaporkan tersebut.

Jimly menjelaskan, semua kasus yang masuk ke DKPP harus diperiksa terlebih dahulu, karena belum tentu laporan yang masuk itu benar. "Kita harus periksa dulu setiap laporan yang masuk karena belum tentu benar. Kasus-kasus itu harus dibuktikan secara terbuka, tidak bisa dikomentari," ujarnya.

Bagi penyelenggara pemilu di Aceh, Jimly mengingatkan bahwa kerja sama dengan peserta pemilu perlu dilakukan karena dalam hal ini KIP tugasnya melayani peserta pemilu. "KIP harus dekat dengan peserta pemilu, tapi tidak boleh ada keberpihakan. Jangan hanya dekat atau melayani sekelompok peserta pemilu," katanya.

"Dengan adanya kegiatan seperti orientasi dan bimbingan teknis, kita harapkan pemilu di Aceh dapat terlaksana dengan lancar dan lebih baik dari tahun 2009," tambah Jimly.(sr)


Anda sedang membaca artikel tentang

Laporan Pelanggaran Pemilu di Aceh tak Banyak

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/08/laporan-pelanggaran-pemilu-di-aceh-tak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Laporan Pelanggaran Pemilu di Aceh tak Banyak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Laporan Pelanggaran Pemilu di Aceh tak Banyak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger