Kandidat Wali Kota Subulussalam Uji Baca Alquran

Written By Unknown on Jumat, 30 Agustus 2013 | 16.25

SUBULUSSALAM - Lima pasang bakal calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam, Kamis (29/8) menjalani uji baca Alquran yang dilaksanakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat. Kegiatan yang disaksikan ratusan masyarakat dan simpatisan masing-masing kandidat itu dipusatkan di Masjid Asilmi Kota Subulussalam.

Pembukaan acara tersebut dilakukan oleh Ketua KIP Drs Syarkawi Nur. Dalam sambutannya, Syarkawi mengatakan bahwa uji mampu baca Alquran merupakan salah satu syarat yang harus diikuti oleh setiap pasangan bakal calon peserta pemilihan kepala daerah.

Syarkawi menjelaskan penilaian uji baca quran tersebut diserahkan sepenuhnya menjadi wewenang tim  juri yang berasal dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Majelis Permusyaratan Ulama (MPU), dan Kementerian Agama Kota Subulussalam."Tidak ada intervensi atau titipan untuk meluluskan salah satu kandidat, semuanya kami serahkan kepada tim juri," kata Syarkawi.

Pantauan Serambi, sebelum bakal calon mengikuti uji mampu baca Alquran, pada pagi pukul 09.30 WIB, dilakukan undian untuk menentukan ayat dan surah yang akan dibaca para kandidat. Semua kandidat duduk di tengah antara hakim penguji dan masyarakat penonton. Para kandidat semuanya mengenakan pakaian serba putih dipadu peci hitam.

Ketua MPU Kota Subulussalam Ustaz Qaharuddin Kombih SAg selaku ketua tim juri mengatakan, tes baca quran tersebut digelar secara terbuka bahkan disaksikan oleh puluhan ribu masyarakat Subulussalam lantaran disiarkan secara langsung melalui radio setempat.

Unsur hakim penguji, Ustaz Abdurrazak Naufal menjelaskan, masing-masing bakal kandidat wali kota/wakil wali kota akan diuji enam ayat dan satu surah. Penilaian meliputi tajwid, kefasihan, dan adab. "Tes ini sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan  kalau saja kandidat bisa meraih 50 pin sudah dipastikan lulus," terang Ustaz Razak.

Pada bagian lain, Ketua KIP Subulussalam Syarkawi mengatakan dari enam pasangan balon wali kota/wakil wali kota yang mendaftar beberapa waktu lalu hanya lima memenuhi persyaratan. Adapun balon yang gugur adalah pasangan H Ismail Aso Bancin/Johan Arifin dari Partai Kedaulatan.

Setelah diseleksi, kata Syarkawi, pasangan ini tidak memenuhi persyaratan dukungan partai, di mana Partai Kedaulatan hanya memiliki dua kursi di DPRK Subulussalam. Dukungan dari beberapa partai nonparlemen juga tidak mencukupi syarat dukungan minimal, sehingga pasangan ini harus digugurkan.(kh)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kandidat Wali Kota Subulussalam Uji Baca Alquran

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/08/kandidat-wali-kota-subulussalam-uji.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kandidat Wali Kota Subulussalam Uji Baca Alquran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kandidat Wali Kota Subulussalam Uji Baca Alquran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger