Pusat Investasi di Pantai Barat Selatan Aceh

Written By Unknown on Jumat, 26 Juli 2013 | 16.25

* Sebelas Tahun Nagan Raya

HARI ini, Senin tanggal 22 Juli 2013, Kabupaten Nagan Raya telah berusia sebelas tahun. Kabupaten yang lahir berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2002, tanggal 22 Juli 2002 lalu sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat ini mulai tumbuh dewasa.

Sebagaimana diketahui, nama Nagan Raya merupakan perpaduan dua kata, Nagan dan Raya. Kata Nagan merupakan kependekan dari Seunagan yang menunjukkan lima kecamatan hasil pemekaran, sedangkan kata Raya berarti besar.

Dari sini mungkin diharapkan kelima kecamatan ini akan jadi besar kelak di kemudian hari. Seiring berjalannya waktu, Kabupaten Nagan Raya yang beribukota Suka Makmue ini telah menunjukkan peningkatan pembangunan yang luar biasa dari kawasan lainnya di pantai barat selatan Aceh.

Betapa tidak, di usianya yang sebelas tahun ini, Nagan Raya telah mekar menjadi sepuluh kecamatan dari sebelumnya hanya lima kecamatan. Pemekaran kecamatan ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan penduduk dengan pusat administrasi di kecamatan masing-masing.

Kesepuluh kecamatan tersebut adalah Kecamatan Seunagan, Kecamatan Kuala, Kecamatan Darul Makmur, Kecamatan Beutong, Kecamatan Seunagan Timur,Kecamatan Kuala Pesisir, Kecamatan Tadu Raya, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kecamatan Suka Makmue, serta Kecamatan Tripa Makmur.

Pusat Investasi Potensi peningkatan ekonomi dan pendapatan hasil daerah yang berada di wilayah ini sungguh sangat luar biasa. Selain terdapat sejumlah pabrik kelapa sawit di
beberapa kecamatan, juga hadirnya dua PLTU besar yakni PLTU Media Group dengan kapasitas 2 x 15 MW di Desa Kuta Makmue, Kecamatan Kuala, serta PLTU PLN berkapasitas 2 x 110 MW yang berlokasi di Desa Suak Puntong,Kecamatan Kuala Pesisir.

Bandar Udara Cut Nyak Dhien di Desa Kubang Gajah yang mampu didarati pesawat berbadan lebar, rumah sakit megah bantuan Negara Swiss yang memiliki kelengkapan alat kesehatan berteknologi canggih, pabrik pengolah beras terbesar (Rice Milling Plant), serta tambang emas, batubara, serta aneka hasil bumi maupun ladang pertanian yang luasnya
sangat menjanjikan.

Di daerah ini juga akan didirikan pelabuhan barang yang kini sedang digarap di Desa Suak Puntong yang berlokasi di KompleksPLTU PLN, pembangunan Pelabuhan Multi Guna (Multi Porpose) di Kuala Tripa, Kecamatan Tadu Raya.

Bahkan juga didukung dengan hadirnya Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Kuala Tuha dengan akan dilakukan berbagai penambahan sarana pengolahan ikan segar yang ditangkap nelayan. Apalagi potensi perikanan,kelautan dan pertanian di kabupaten ini yang masih alami sangat mudah untuk menyediakan aneka potensi investasi yang kini masih terbuka lebar bagi siapapun yang ingin menanamkan modalnya di wilayah ini.

Lokasi wisata di wilayah ini juga sangat menjanjikan sebagai sarana wisata alam dan air di antaranya wisata Krueng Isep, Irigasi Jeuram di Beutong, lokasi wisata Pantai Suak Dama, Kecamatan Tripa Makmur, wisata Pantai Indah Naga Permai dan Seunagan di Kecamatan Kuala Pesisir, serta potensi Danau Laut Tadu di Kecamatan Tadu Raya.

Berada di tengah Selain telah memiliki sejumlah pabrik dan aneka investasi lainnya, Nagan Raya merupakan lokasi yang sangat strategis di pantai barat selatan Aceh karena wilayah ini berada di tengah-tengah, dan memiliki akses yang lebih dekat dengan wilayah tengah Aceh yakni di dataran tinggi Gayo seperti Aceh Tengah, Gayo Lues, Bener Meriah dan wilayah lainnya dengan jarak tempuh sekitar empat hingga lima jam saja ke dataran tinggi ini seperti Takengon.

Sehingga potensi pertanian yang ada di dataran tinggi ini akan lebih mudah dipasarkan ke wilayah barat selatan Aceh, untuk lebih meningkatkan perekonomian masyarakat dan perputaran uang yang lebih besar. Sehingga menjadikan Kabupaten Nagan Raya ini sebagai kawasan yang akan maju dan menjadi pusat pengembangan perekonomian Pantai Barat Selatan Aceh yang selama ini berada di kabupaten kandungnya, Aceh Barat.

Belum lagi sumber daya manusia yang andal dan terlatih. Sampai saat ini Pemkab Nagan Raya terus memberi beasiswa miliaran rupiah tiap tahun. Sehingga putra dan putri terbaik daerah yang sedang mengenyam pendidikan Diploma II, Diploma III, Strata I, II dan III, atau Doktor mampu menyelesaikan pendidikannya dengan baik.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pusat Investasi di Pantai Barat Selatan Aceh

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/07/pusat-investasi-di-pantai-barat-selatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pusat Investasi di Pantai Barat Selatan Aceh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pusat Investasi di Pantai Barat Selatan Aceh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger