PMI Sediakan Mobile Clinic untuk Korban Gempa

Written By wartini cantika on Senin, 15 Juli 2013 | 16.24

BANDA ACEH - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Aceh melaksanakan pengobatan keliling menggunakan mobile clinic (klinik berjalan) untuk membantu korban gempa Bener Meriah dan Aceh Tengah. Mobile clinic ini difokuskan pada wilayah terisolir dan susah dijangkau seperti Kecamatan Ketol dan Kuta Panang, Kabupaten Aceh Tengah.

Staf Bidang Kesehatan PMI Provinsi Aceh, Reza Syaputra, mengatakan mobile clinic ini mulai beroperasi Senin (8/7) lalu. "PMI memobilisasi tiga unit ambulans dari tim medis PMI Provinsi Aceh dan rumah sakit PMI Bogor. Sampai Minggu kemarin (14/7), mobile clinic PMI melayani 149 korban gempa di Aceh Tengah," katanya kepada Serambi, Minggu (14/7).

Tim mobile clinic PMI, kata dia, memfokuskan pelayanan kesehatan di Kecamatan Ketol dan Kecamatan Kute Panang, Kabupaten Aceh Tengah. "Mobile Clinic kami arahkan kesana karena daerah tersebut mengalami rusak parah pascagempa. Banyak rumah yang rusak dan jalur akses menuju lokasi sangat ekstrim dengan jurang langsung di sisi jalan. Wilayah ini termasuk susah dijangkau dan itu yang membuat kita memfokuskan pelayanan kesehatan di desa-desa di Kecamatan Kuta Panang," jelasnya.

Selain itu, PMI juga memberikan pelayanan Program Dukungan Psikososial (PSP) dan mendistribusikan bantuan non pangan (barang) kepada pengungsi berupa 840 kotak susu UHT sumbangan dari PT Frisian Flag, 24 set popok bayi, 30 set pembalut wanita, 24 kotak susu formula (bayi), dan 14 kotak perlengkapan bayi (baby kit).

Sementara itu, Kadis Syariat Islam Aceh, Prof Dr Syahrizal Abbas MA, Sabtu (13/7), menyerahkan bantuan berupa sembako dan sajadah kepada korban gempa di Bener Meriah dan Aceh Tengah. Pada acara itu, Prof Syahrizal didampingi Sekretaris Dinas Syariat Islam Aceh, Usamah El-Madny. 

Bantuan untuk pengungsi di Bener Meriah diterima Wakil Bupati Bener Meriah, Rusli M Saleh di posko induk Bener Meriah. Sedangkan untuk korban gemba di Aceh Tengah, bantuan itu diterima Kadis Syariat Islam Aceh Tengah, HM Saleh Syamaun.

Saat menyerahkan bantuan tersebut, Prof Syahrizal berharap bantuan dari Dinas Syariat Islam ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh korban gempat dalam masa tanggap darurat. "Kami ikut prihatin dan berduka cita atas musibah yang menimpa saudara-saudara kami di Bener Meriah dan Aceh Tengah. Semoga keadaan di sini cepat kembali normal," harap Syahrizal.

Sajadah yang diserahkan itu sebanyak 70 gulung serta sejumlah sembako yang dihimpun secara sukarela dari keluarga besar Dinas Syariat Islam Aceh.(sr/jal)


Anda sedang membaca artikel tentang

PMI Sediakan Mobile Clinic untuk Korban Gempa

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/07/pmi-sediakan-mobile-clinic-untuk-korban.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PMI Sediakan Mobile Clinic untuk Korban Gempa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PMI Sediakan Mobile Clinic untuk Korban Gempa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger