Jamal Reubee Pimpin KNPI Aceh

Written By Unknown on Senin, 01 Juli 2013 | 16.24

BANDA ACEH - Jamaluddin M Jamil atau lebih dikenal dengan panggilan Jamal Reubee, terpilih sebagai Ketua DPD I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh periode 2013-2016. Jamal dengan susah payah menyisihkan rivalnya, Fakhrizal Murphy, dalam pemilihan yang berlangsung pada bagian terakhir Musyawarah Daerah (Musda) XII KNPI/Pemuda Aceh di Hotel The Pade, Banda Aceh, Minggu (30/6) dini hari.

Dalam catatan Serambi, Musda XII KNPI Aceh ini merupakan yang termeriah dan teralot dalam 15 tahun terakhir atau selama periode reformasi. Setelah Orde Baru tumbang tahun 1998, terjadi empat kali suksesi KNPI di Aceh. Pertama (2001-2004), pertarungan antara Syahrul Badruddin vs T Alaidinsyah. Kedua (2004-2007), Syahrul Badruddin vs Bukhari M Ali. Ketiga (2008-2013), Ihsanuddin MZ terpilih secara aklamasi.

Kemeriahan Musda kali ini terlihat dari antusiasnya para pemuda, terutama pengurus KNPI dan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yang bernaung di bawah KNPI dalam menyambut musda.

Selain itu, Musda XII ini juga sempat dikejutkan dengan munculnya seorang calon dari kalangan perempuan, Della Tiarta Sari. Meski mundur di menit-menit terakhir, namun kemunculan Della membangkitkan semangat para kandidat lainnya untuk terus melakukan lobi-lobi dan penggalangan dukungan.

Musda XII KNPI Aceh juga mencatat sejarah baru dalam proses penjaringan bakal calon yang dimulai dengan pendaftaran, debat kandidat, hingga uji mampu baca Quran.  Tidak berhenti di situ, kejutan kembali terjadi ketika sesi pemilihan berlangsung. Fakhrizal Murphy yang diprediksi akan menang karena merupakan orang lama dan mendapat dukungan mayoritas dari OKP dan DPD II KNPI, tapi dalam sesi pemilihan, Bendahara DPD I KNPI  Aceh itu, ternyata takluk pada pendatang baru, Jamaluddin M Jamil atau Jamal Reubee. Pemuda yang berprofesi sebagai konsultan perencanaan ini diusung OKP yang bernaung di bawah tiga gerbong besar, yakni Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah, dan Al-Washliyah.   

Namun, kemenangan Jamal tidak diperoleh dengan mudah. Ia hanya mampu unggul dua suara dari Fakhrizal Murphy. Dari 85 pemilik suara di Musda KNPI, Jamal meraup 43 suara, sementara Fakhrizal Murphy 41 suara. Satu suara lainnya abstain, diperkirakan milik Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang disebut-sebut gugur, karena ada dualisme kepengurusan (mandat ganda).

Beberapa sumber memprediksi, angin bagi kemenangan Jamaluddin mulai berembus ketika satu calon lain, Nurkhalis (mantan ketua KNPI Nagan Raya) memutuskan mundur dan mengalihkan dukungan ke kubu Jamal. Selain itu, deklarasi yang digelar Jamaluddin yang dihadiri sejumlah tokoh dan pejabat penting di jajaran Pemerintah Aceh juga disebut-sebut sebagai titik awal bagi kemenangan mantan aktivis YPHAM ini.

Pemilihan formatur
Ketua Panitia Musda XII KNPI Aceh, Edwar M Nur MM mengatakan, selain pemilihan Ketua KNPI Aceh, telah dipilih juga formatur yang terdiri atas unsur DPP, DPD KNPI demisioner, MPI, ketua KNPI terpilih, tiga perwakilan OKP, dan dua perwakilan KNPI kabupaten/kota.

"Forum musda mengamanatkan kepada formatur, selambat-lambatnya satu bulan terhitung 30 Juni 2013 untuk menyusun kepengurusan DPD KNPI Aceh periode 2013-2016," katanya kepada Serambi, Minggu.

Dengan terpilihnya Ketua KNPI Aceh dan formatur, kata dia, maka berakhirlah seluruh rangkaian kegiatan Musda XII KNPI Aceh. "Atas nama panitia kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah ikut menyukseskan musda kali ini. Bagi ketua terpilih Jamaluddin ST, kita ucapkan selamat dan semoga dapat mengemban amanah Musda XII dengan baik," ucapnya.

Ketua KNPI Aceh periode sebelumnya (2008-2013) Ihsanuddin MZ juga menyampaikan segenap harapannya kepada ketua terpilih Jamaluddin dan para pengurus agar dapat melanjutkan pogram yang telah ada dan melaksanakan berbagai program kerja yang akan dituangkan dalam rapat kerja nantinya.

"Melakukan konsolidasi organisasi dan pemuda Aceh secara menyeluruh serta memperkuat hubungan dengan pemerintah Aceh yang merupakan mitra strategis KNPI dalam membangun pemuda Aceh lebih baik ke depan," demikian Ihsanuddin. (nal/sr)

data diri jamaluddin
* Nama: Jamaluddin M Jamil ST
* Lahir: Reubee, Pidie, 4 Juli 1974
* Pendidikan terakhir: S1 Teknik Sipil
* Pengalaman organisasi: * Wakil Ketua GP Anshor Aceh * Ketua Gema MKGR Provinsi Aceh * Aktivis YPHAM dan beberapa organisasi lainnya
* Misi: Mempersatukan komponen pemuda Aceh dalam sebuah organisasi yang solid dan mandiri.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jamal Reubee Pimpin KNPI Aceh

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/07/jamal-reubee-pimpin-knpi-aceh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jamal Reubee Pimpin KNPI Aceh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jamal Reubee Pimpin KNPI Aceh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger