Dinsos Siagakan 4.000 Selimut

Written By Unknown on Sabtu, 06 Juli 2013 | 16.24

* Dinkes: Stok Obat Cukup

BANDA ACEH - Kebutuhan mendesak yang diperlukan para pengungsi di Aceh Tengah dan Bener Meriah saat ini, selain bahan makanan adalah selimut. Soalnya, cuaca Dataran Tinggi Gayo itu sangat dingin pada malam hari. Untuk itu, Dinas Sosial (Dinsos) Aceh telah menyiapkan 4.000 selimut yang akan segera dikirim ke lokasi pengungsian korban gempa.

Kadissos Aceh, Abubakar didampingi stafnya Burhanuddin yang ditanyai Serambi, Jumat (5/7) mengatakan, sebetulnya selain selimut, para pengungsi yang kini bertahan di tenda-tenda darurat juga sangat membutuhkan jaket. Terutama untuk anak-anak para pengungsi.

Khusus untuk selimut tebal, menurutnya, telah disediakan sekitar 4.000 lembar, begitu juga pempers, dan pembalut wanita. Selimut untuk anak balita juga telah disediakan dalam paket khusus. Namun, Abubakar belum mengatahui jumlahnya.

"Semua selimut tebal bantuan Mensos, Pemerintah Aceh, dan donatur lainnya itu akan dibagikan kepada para pengungsi bersama barang bantuan lainnya hari ini dan besok, begitu juga paket selimut untuk anak balita," ujar Burhanuddin kemarin siang.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Aceh, dr Taqwallah MKes menyebutkan, selimut dan jaket memang sangat dibutuhkan oleh sekitar 5.000 pengungsi di daerah berhawa sejuk itu. "Semakin cepat disalurkan secara tepat sasaran, semakin baik," kata Taqwallah.

Menurutnya, Tim Crisis Center Dinkes Aceh juga sudah diturunkan ke lokasi bencana di Bener Meriah dan Aceh Tengah sejak Rabu (3/7). Mereka ditugaskan memantau kondisi kesehatan pengungsi dan kebutuhan mendesak para pengungsi di dua kabupaten itu. Dari laporan tim itulah diperoleh kepastian bahwa barang yang mendesak dibutuhkan para pengungsi adalah selimut tebal, jaket untuk anak-anak usia 1-10 tahun, pampers, dan pembalut wanita.

Didampingi Kabid Programnya, Hanif, Kadinkes Aceh itu mengatakan, Tim Crisis Center itu setiap hari wajib melaporkan kepada Dinkes Aceh masalah kesehatan yang muncul dan progress penanganan kesehatan para pengungsi di tempat-tempat pengungsian.

Mereka juga diharuskan bekerja dengan cepat dan tepat. Misalnya, jika ada pengungsi yang perlu dibawa ke rumah sakit kabupaten, maka mereka akan bantu membawanya ke rumah sakit. "Dan jika perlu penanganan khusus untuk penyembuhannya harus dirujuk ke RSUZA di Banda Aceh, maka pasien harus segera dibawa ke Banda Aceh," kata Taqwa.

Ditanya mengenai stok obat di rumah sakit, Taqwa mengatakan, sampai Jumat kemarin, stok obat untuk operasi di dua rumah sakit pemerintah di Bener Meriah dan Aceh Tengah masih cukup. Hanya untuk obat infus tertentu, pihak rumah sakit minta tambah. "Kita sedang memproses pengirimannya hari ini atau besok," kata Taqwa kemarin.

Menurutnya, akibat gempa darat Selasa (2/7) lalu, dua puskesmas di Aceh Tengah dan rubuh, sehingga rata dengan tanah, yaitu Puskesmas Blang Mancong dan Puskesmas Kebayakan. "Harus segera dibangun baru," ujarnya. (her)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dinsos Siagakan 4.000 Selimut

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/07/dinsos-siagakan-4000-selimut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dinsos Siagakan 4.000 Selimut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dinsos Siagakan 4.000 Selimut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger