123 Calon Panwaslu Ikut Uji Kelayakan

Written By Unknown on Selasa, 23 Juli 2013 | 16.25

* Hari Ini di Rayon 3 (Tapaktuan)

BANDA ACEH - Sebanyak 123 orang calon Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) dari 21 kabupaten/kota lulus seleksi wawancara dan berhak ikut fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) yang dijadwalkan mulai Selasa hari ini (23/7) sampai 5 Agustus 2013. Sedangkan dua kabupaten/kota lainnya yaitu Pidie Jaya dan Subulussalam, perekrutan panwaslu di kabupaten/kota tersebut dilaksanakan DPRK setempat karena sedang dalam masa pemilihan kepala daerah.

Sekretaris Tim Seleksi (timsel) Panwaslu kabupaten/kota Kurniawan mengatakan seluruh nama (123 orang) calon panwaslu yang dinyatakan berhak ikut uji kelayakan beserta laporan dan berita acara terkait tugas timsel dalam merekrut calon panwaslu kabupaten/kota telah diserahkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh di Kantor Bawaslu Aceh, Senin (22/7).

"Setiap kabupaten/kota memiliki perwakilan sebanyak enam orang. Namun, ada tiga daerah yang hanya diwakili oleh lima orang, yaitu Sabang, Simeulu, dan Gayo Lues. Untuk Sabang dan Simeulu, dari awal pendaftaran sampai kami buka masa perpanjangan pendaftaran yang mengajukan lamaran hanya lima orang. Sedangkan untuk Gayo Lues sebenarnya berjumlah enam orang, namun satu orang todak hadir pada saat tes wawancara dan dinyatakan gugur," katanya kepada Serambi.

Dengan penyerahan nama-nama calon panwaslu kabupaten/kota ke Bawaslu Aceh, maka timsel telah menyelesaikan tugasnya. "Tapi kita masih punya waktu seminggu lagi sampai masa tugas timsel berakhir yaitu pada 30 Juli 2013. Waktu ini kita manfaatkan untuk menyelesaikan beberapa hal yang belum selesai seperti laporan anggaran. Jika nanti ada laporan dan berita acara yang harus direvisi juga kita masih punya waktu untuk itu sebelum masa tugas timsel berakhir," jelasnya.

Nama-nama calon panwaslu kabupaten/kota yang telah diterima Bawaslu Aceh hari ini dijadwalkan akan ikut uji kelayakan tahap pertama yang dilaksanakan di rayon tiga (Tapaktuan).

Dua unsur Pimpinan Bawaslu Aceh Muklir didampingi Zuraida Alwi  kepada Serambi mengatakan bahwa pelaksanaan uji kelayakan itu dilakukan di tiga titik mulai di rayon tiga (Tapaktuan), rayon 1 (Banda Aceh), dan rayon dua (Lhokseumawe) dengan jadwal yang yang telah ditentukan.

"Dalam satu hari kita akan uji sekitar 12 orang dengan mengajukan pertanyaan seputar pengetahuan tentang kepemiluan dan integritas serta mengklarifikasi masukan dan tanggapan dari masyarakat. Namun, untuk uj kelayakan ini Bawaslu Aceh lebih menekankan kepada pengalaman peserta," katanya. Mengenai hasil uji kelayakan, kata dia, akan diumumkan melalui media ketika pelaksanaan uji kelayakan diketiag rayon tersebut selesai.(sr) 


Anda sedang membaca artikel tentang

123 Calon Panwaslu Ikut Uji Kelayakan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/07/123-calon-panwaslu-ikut-uji-kelayakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

123 Calon Panwaslu Ikut Uji Kelayakan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

123 Calon Panwaslu Ikut Uji Kelayakan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger