Simeulue Berminat Jadi Tuan Rumah MTQ 2015

Written By Unknown on Jumat, 28 Juni 2013 | 16.25

SUBULUSSALAM - Karena berminat, Kabupaten Simeulue mengajukan diri sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-32 Tingkat Provinsi Aceh pada tahun 2015 mendatang. Keinginan itu disampaikan Gusni NM, Asisten II Setdakab Simelue sekaligus ketua kontingen, melalui Serambi di Kota Subulussalam, Kamis (27/6).

Menurut Gusni, pengajuan diri menjadi tuan rumah itu dilakukan selain untuk turut meramaikan pembibitan qari dan qariah di Aceh, juga sekaligus untuk mempromosikan potensi daerah dan peningkatan pembangunan di kabupaten yang berada di pulau tersebut.

Pengajuan itu, kata Gusni, juga sesuai dengan saran dari bupatinya. "Jika Pemerintah Aceh menyetujui, kami siap menjadi tuan rumah MTQ dua tahun mendatang. Kami siap dari segi SDM maupun prasarana dan sarana," ujar Gusni, didampingi Salman T, Wakil Sekretaris LPTQ Simeulue.

Jika Kabupaten Simelue dipercaya menjadi tuan rumah, kata Gusni, maka MTQ ke-32 nantinya akan dipusatkan di Stadion Simeulue, Kecamatan Simeulue Timur. Lokasi tersebut cukup representatif untuk menyambut dan menampung ribuan tamu dari 22 kabupaten/kota di Aceh yang akan menghadiri MTQ.

Gusni menambahkan, kuatnya keinginan Pemkab Simeulue menjadi tuan rumah juga karena pertimbangan agar masyarakat Aceh mengetahui keadaan Simeulue yang berada di tengah laut.

Selama ini, katanya lebih lanjut, berbagai perhelatan tingkat Provinsi Aceh, seperti MTQ atau Porda, selalu digelar di kabupaten/kota yang berada di daratan. Bahkan, menurut Gusni, ada beberapa daerah yang sudah dua kali menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi. Sedangkan Simeulue belum sekali pun.

Menurutnya, pascatsunami karena terkenal dengan tradisi smong-nya, Kabupaten Simelue sudah masyhur hingga ke luar negeri. Tapi ironisnya, tidak sedikit warga Aceh sendiri yang belum pernah berkunjung ke Simeulue, atau bahkan kemungkinan tak tahu persis di mana letak pulau penghasil cengkeh dan lobster itu.

Oleh karenanya, kata Gusni, untuk lebih memperkenalkan kabupaten yang berpenduduk 82.000 jiwa itu ke komunitas Aceh, maka momen yang paling tepat adalah melalui MTQ. "Jika ini terwujud, maka bukan saja akan lebih memperkenalkan Simeulue kepada publik secara geografis dan administratif, tetapi juga sejumlah potensi daerah Simeulue diperkirakan akan terdongkrak," ujarnya.

Di antara berbagai potensi daerah yang dimaksud Gusni itu adalah objek wisata, kuliner, dan kekayaan alam Simelue yang menakjubkan. "Kegiatan MTQ ke-32 itu nantinya juga akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Pulau Simelue," tambahnya.

Dalam MTQ di Subulussalam ini, Gusni mengaku telah mempersiapkan peserta untuk meraih poin maksimal. Simeulue tidak memasang target menang, namun berharap bisa meraih juara harapan.

Lebih jauh dikatakan, Simelue yang membawa 27 peserta plus 15 official, mengandalkan cabang qira'ah saba'ah, tilawah golongan dewasa putra dan putri, serta tilawah golongan anak-anak. (kh)


Anda sedang membaca artikel tentang

Simeulue Berminat Jadi Tuan Rumah MTQ 2015

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/06/simeulue-berminat-jadi-tuan-rumah-mtq.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Simeulue Berminat Jadi Tuan Rumah MTQ 2015

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Simeulue Berminat Jadi Tuan Rumah MTQ 2015

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger