Calon KIP Aceh Utara Protes Komisi A

Written By Unknown on Jumat, 21 Juni 2013 | 16.24

* Gugur karena tak Lulus Uji Baca Quran

LHOKSEUMAWE - Lima dari 15 calon anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Periode 2013-2018, memprotes keputusan Komisi A DPRK Aceh Utara yang menggugurkan mereka karena dinyatakan tidak lulus dalam uji baca Alquran. Pengumuman hasil uji baca Alquran ini dikeluarkan Komisi A DPRK Aceh Utara, Kamis (21/6).

Para calon yang gugur ini menilai uji baca Alquran ini bertentangan dengan aturan. Mereka berargumen, dalam Qanun Aceh Nomor 7 Tahun 2007 Tentang Penyelenggara Pemilihan Umum di Aceh, tidak menyebutkan uji baca Quran sebagai salah satu syarat dalam perekrutan KIP.

"Artinya tidak ada yang gugur dalam uji tersebut. Tapi Komisi A hari ini telah menggugurkan lima orang dari 15 orang yang mengikuti uji baca Quran. Kami tidak bisa menerima keputusan itu, karena itu jelas bertentangan dengan aturan," kata T Hidayatuddin calon anggota KIP Aceh Utara kepada Serambi kemarin.

Karena itu pihaknya akan menempuh jalur hukum untuk membuktikan bahwa keputusan Komisi A itu telah menyalahi aturan dalam proses perekrutan calon KIP. "Kami telah sepakat dengan lima orang calon yang digugurkan itu untuk melapor ke polisi," katanya didampingi Agustiar calon yang lain.

Mereka juga meminta supaya komisi A DPRK Aceh Utara untuk menunda uji kelayakan yang dijadwalkan berlangsung Jumat hari ini. "Pada saat uji baca Quran tahun lalu, saya berada di urutan nomor satu. Tapi sekarang malah dianggap tidak mampu membaca Quran. Karena itu saya minta Komisi A supaya mengadakan kembali uji baca Quran di depan publik, supaya penilainnya fair," katanya.

Praktisi Hukum H Nazaruddin Ibrahim SH MIPS kepada Serambi juga menyebutkan bahwa Qanun  Nomor 7 Tahun 2007 tidak ada satu pasal pun yang menyebutkan uji baca Quran adalah syarat dalam perekrutan KIP, jika pun dilakukan, itu adalah syiar. "Uji baca Quran itu adalah bagian dari rangkaian uji kelayakan, jadi tidak ada yang gugur dari uji baca Quran. Tapi perangkingan itu dilakukan dari hasil uji kelayakan dan baca Quran," katanya.(c37)


Anda sedang membaca artikel tentang

Calon KIP Aceh Utara Protes Komisi A

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/06/calon-kip-aceh-utara-protes-komisi-a.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Calon KIP Aceh Utara Protes Komisi A

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Calon KIP Aceh Utara Protes Komisi A

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger