Pekan ini, 42 Calon Anggota KIP Ikuti Tes Akhir

Written By Unknown on Minggu, 24 Maret 2013 | 16.24

Minggu, 24 Maret 2013 15:23 WIB

* 1 April ke DPRA

BANDA ACEH - Tim seleksi (timsel) penjaringan calon anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan 42 orang yang lulus ke tahap akhir. Tes terakhir tingkat timsel tersebut meliputi psikotes, wawancara, dan uji baca Alquran.

"Rangkaian tes ini akan diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut dari Senin-Rabu tanggal 25-27 Maret. Tahap psikotes diseleksi oleh lembaga Psikoamal Universitas Malikussaleh (Unimal), meliputi Focus Groups Discussion (FGD) dan interview. Sementara untuk wawancara dan tes baca Alquran diselengarakan pada hari selanjutnya," ujar Ketua timsel penjaringan dan penyaringan anggota KIP Aceh, H Nazaruddin Ibrahim SH MIps menjawab Serambi di Banda Aceh, (23/3).

Nazaruddin menjelaskan ke 42 calon anggota KIP Aceh tersebut sudah mengikuti tes tahap sebelumnya yang meliputi pendaftaran, seleksi administrasi, uji tulis, uji bebas narkoba, dan uji kesehatan.

Ia mengatakan tes uji narkoba dibiayai oleh DPRA dan Badan Narkotika Nasional (BNN), sementara untuk uji kesehatan ditunjuk ke Rumah Sakit (RS) Pemerintah. "Kami mengharapkan orang-orang yang mampu memberi partisipasi kepada masyarakat. Serta orang yang mengerti pemilu, spesifik dalam konteks Aceh yang mempunyai parlok. Intinya orang yang duduk di KIP berfungsi sebagai regulatur," imbuhnya.

Nazaruddin menegaskan pihaknya memberlakukan sistem gugur di tiap tahapan. Hingga saat ini kata dia, belum ada peserta yang mengundurkan diri. Pihaknya juga memastikan tidak menerima 'titipan'.

"Total peserta yang mendaftar adalah 207 orang dan hingga kini menyisakan 42 orang. Mereka akan mengikuti tes akhir dan menyisakan 21 orang yang akan kita ajukan ke DPRA guna mengikuti uji kelayakan (fit and proper test). Selanjutnya DPRA memilih 7 orang yang  menjadi anggota KIP provinsi, sementara 7 orang lainnya diperuntukkan sebagai cadangan," ujarnya menambahkan.

Ia menyebutkan paling telat tanggal 1 April ini, 21 calon anggota KIP yang lulus tahap akhir akan diusulkan ke DPRA. Nazaruddin menambahkan pihaknya tidak mengalami kendala yang berarti karena terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat dan mendapat dukungan penuh dari Komisi A.

"Saya mengharapkan di tingkat internal KIP mampu 'menjembatani' berbagai kepentingan politik, baik dari DPRA mau pun aspirasi masyarakat. Sementara di level nasional KIP bisa memfasilitasi kepentingan politik ke pusat. Ada pun di tingkat internaional saya harap KIP bisa menjadi etalase demokrasi," pungkasnya.(n)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pekan ini, 42 Calon Anggota KIP Ikuti Tes Akhir

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/03/pekan-ini-42-calon-anggota-kip-ikuti.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pekan ini, 42 Calon Anggota KIP Ikuti Tes Akhir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pekan ini, 42 Calon Anggota KIP Ikuti Tes Akhir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger