Aceh tak Dapat Bantuan Kemenpera

Written By Unknown on Minggu, 24 Maret 2013 | 16.24

Minggu, 24 Maret 2013 14:19 WIB

BANDA ACEH - Rumah bersubsidi yang dibangun salah seorang developer di Aceh, BS Property di kawasan Blangbintang dan Jantho, Aceh Besar tidak mendapat bantuan dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) karena tidak ada dukungan dari pemkab setempat.

Kemenpera yang telah mengucurkan bantuan tersebut sejak beberapa tahun lalu, tidak juga masu ke Aceh. Sehingga, para calon pembeli hanya dapat memanfaatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau yang dikenal dengan singkatan FLPP melalui bank yang ditunjuk pemerintah, seperti BTN.

Untuk Aceh telah ditetapkan harga rumah bersubsidi sebesar Rp 88 juta/unit dengan uang muka Rp 8,8 juta dan cicilan tidak sampai Rp 1 juta per bulan selama 15 tahun. "Untuk saat ini, Aceh hanya mendapatkan KPR bersubsidi melalui FLPP, sedangkan bantuan langsung pemerintah belum ada," kata Zulfikar, Wakil Ketua REI Aceh, Sabtu (23/3).

Dia menyebutkan, Kemenpera telah mengundang REI Aceh untuk hadir di Jakarta pada awal bulan depan untuk mempresentasikan rumah yang akan mendapatkan bantuan pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) perumahan seperti jalan dan drainase.

Dia menjelaskan, pembangunan fasilitas itu dilakukan oleh pengembang dengan dana dari Kemenpera. Apalagi, pengembang sendiri yang membangun sarana tersebut, bukan kontraktor, seperti diungkapkan Menpera, Djan Faridz, kata Zulfikar. Dengan langkah ini, pengembang lebih bersemangat membangun rumah sederhana, sehingga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akan sangat terbantu.

Sebelumnya, Menpera sempat mengatakan Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/ jasa pemerintah dalam pasal 38 ayat 5 huruf h, disebutkan  pekerjaan pengadaan PSU di lingkungan perumahan bagi MBR bisa dilaksanakan dengan mekanisme penunjukan langsung kepada pengembang yang mengerjakan pembangunan perumahan.

PSU yang akan dibangun pengembang harus disepakatai lebih dahulu agar sesuai dengan spesifikasi teknis yang sudah dibuat Kemenpera. Bantuan PSU dan FLPP akan saling komplementer sehingga pengembang akan lebih terpacu untuk meningkatkan suplai perumahan untuk MBR dengan harga sesuai ketentuan FLPP. Dan masyarakat sendiri  diuntungkan karena dapat membeli rumah layak huni dengan harga yang terjangkau.(muh)


Anda sedang membaca artikel tentang

Aceh tak Dapat Bantuan Kemenpera

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/03/aceh-tak-dapat-bantuan-kemenpera.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Aceh tak Dapat Bantuan Kemenpera

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Aceh tak Dapat Bantuan Kemenpera

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger