Baru Diperbaiki, Jalan Perkantoran Abdya Kembali Amblas

Written By Unknown on Kamis, 07 Februari 2013 | 16.24

Kamis, 7 Februari 2013 15:29 WIB

BLANGPIDIE – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Selasa (5/2) sore membuat jalan di kompleks perkantoran Pemkab kembali amblas. Akibatnya arus lalu lintas yang menghubungkan Kantor Bupati dengan Polres KIP, Kejari, kantor Depag, dan Statistik kembali terganggu. Padahal jalan itu sudah pernah ditangani secara darurat oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) pertengahan Januari 2013 lalu dengan menghabiskan anggaran daerah Rp 70 juta lebih.

Amatan Serambi di lokasi, Rabu (6/2) kerusakan jalan itu kini semakin parah. Selain ruas jalan yang telah ditimbun dengan kerikil kembali amblas dengan kedalaman sekitar satu meter, juga kerusakan jalan lingkar itu semakin meluas, sehingga membuat ruas jalan itu menjadi sempit, yakni hanya tersisa setengah meter lagi.

Kondisi ini mengakibatkas arus kendaraan dari dan ke sejumlah kantor pemerintah kembali terganggu. Bahkan akibat dari itu tidak sedikit kenderaan roda empat yang yang hendak melintasi jalan itu terperosok ke dalam lobang dan nyaris loncat ke dalam saluran induk irigasi ketika menghindari jalan yang amblas tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Abdya, Jusbar, mengakui sudah mengetahui peristiwa tersebut. Bahkan pihaknya juga suda turun ke lokasi melihat langsung kondisi jalan yng amblas tersebut. Tapi pihakya mengakui belum mengetahui secara pasti pemicu amblasnya kembali ruas jalan sepanjang 50 meter lebih itu.

Sementara informasi yang diterimanya dari masyarakat, bencana itu terjadi sehubungan dengan adanya penutupan mulut gorong-gorong oleh petani karena merasa takut air gunung berwarna kuning itu masuk ke areal persawahannya. Hal ini diyakini dengan masih tergenangnya air di lahan pembangunan Kantor Pengadilan Negeri.

Menurut Jusbar, kerusakan jalan tersebut harus ditangani secepatnya secara permanen, jika tidak ruas jalan yang merupaka urat nadi menuju sejumlah perkantoran penting itu akan terputus total.

"Sekarang ruas jalan itu hanya tersisa sekitar setengah meter lagi. Jika hujan kembali mengguyur dikhawatirkan badan jalan itu terputus total dan mengakibatkan arus lalulintas di sepanjang jalur yag menghubungkan Kantor Bupati dengan Polres KIP, Kejari, kantor Depag dan Statistik terputus," ujarnya seraya mengakui sudah melaporkan peristiwa itu kepada bupati.(az)


Anda sedang membaca artikel tentang

Baru Diperbaiki, Jalan Perkantoran Abdya Kembali Amblas

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/02/baru-diperbaiki-jalan-perkantoran-abdya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Baru Diperbaiki, Jalan Perkantoran Abdya Kembali Amblas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Baru Diperbaiki, Jalan Perkantoran Abdya Kembali Amblas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger