Nasib Raqan Jinayah Kembali Mengambang

Written By Unknown on Rabu, 30 Januari 2013 | 16.24

Rabu, 30 Januari 2013 15:04 WIB

BANDA ACEH- Peluang Rancangan Qanun (Raqan) Jinayah dan Hukum Acara Jinayah untuk menjadi Raqan prioritas DPRA tahun 2013 kembali mengambang. Disebut-sebut ada upaya yang ingin mengganjal raqan tersebut agar tidak masuk dalam prioritas dewan pada tahun 2013 ini.

Sumber Serambi di Badan Legislasi (Baleg) mengaku sangat sulit meyakinkan mayoritas anggota baleg terhadap pentingnya dua qanun tersebut. Ia menyatakan butuh desakan dari luar parlemen terutama Ormas dan OKP Islam agar qanun ini menjadi prioritas program legislasi Aceh.

Terkait hal ini, Ketua Baleg Abdullah Saleh yang dikonfirmasi Serambi secara diplomatis mengatakan, dinamika di Baleg berkembang sangat cepat. Namun politisi Partai Aceh ini memastikan bahwa ia dan anggota Baleg akan terus berjuang agar Qanun Jinayah dan Hukum Acara Jinayah masuk dalam Program Legislasi Aceh (Prolega) 2013.

Anggota Baleg dari Fraksi PPP/PKS, Ghufran Zainal Abidin menjelaskan, sampai saat ini Baleg masih membahas raqan prioritas legislasi 2013. "Jadi belum selesai pembahasannya, hanya saja butuh waktu lama dan belum final termasuk Raqan Jinayah dan Hukum Acara Jinayah masih dalam pembahasan di baleg," katanya.

Ditanya peluang Raqan Jinaya, Ghufran mengatakan, kemungkinan terbaik dan terburuk bisa saja terjadi. "Jadi segala kemungkinan masih bisa terjadi," kata dia.

Menurut Ghufran, pembahasan, karena masih dalam pembahasan jadi belum bisa disimpulkan apakah terganjal atau tidak ke Prolega. "Beda beda pendapat dalam diskusi kan biasa," katanya.

Ditanya berapa raqan yang sudah masuk dalam prioritas baleg 2013, Ghufran mengatakan belum ada. "Belum ada yang final, semuanya masih dalam draf raqan," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Serambi memberitakan bahwa empat fraksi di DPRA masing-masing Fraksi Partai Aceh, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, dan Fraksi PPP/PKS sepakat menjadikan Raqan Jinayah dan Hukum Acara Jinayah prioritas DPRA tahun 2013.(swa)


Anda sedang membaca artikel tentang

Nasib Raqan Jinayah Kembali Mengambang

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/01/nasib-raqan-jinayah-kembali-mengambang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nasib Raqan Jinayah Kembali Mengambang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nasib Raqan Jinayah Kembali Mengambang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger