Mahasiswa Unsyiah Demo Tuntut Pemira Diulang

Written By Unknown on Sabtu, 08 Desember 2012 | 16.24

Sabtu, 8 Desember 2012 14:56 WIB


* Purek III: Sedang Proses

BANDA ACEH - Seratusan mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh berdemo di depan Biro Rektorat setempat, Jumat (7/12). Massa menamakan diri Aliansi Mahasiswa Menggugat, menuntut pemilihan Presiden Mahasiswa (Presma) kampus itu segera diulang, pascapembakaran kertas dan kotak suara oleh sekelomok mahasiswa, saat berlangsungnya Pemilihan Umum Raya (Pemira), Rabu (5/12) lalu.

Pendemo laki-laki dan wanita tiba di depan Biro Rektorat pukul 10.00 WIB. Mereka berorasi secara bergantian mengkritik aksi pembakaran kotak suara. Mereka menilai aksi tersebut bentuk premanisme di kampus. "Pemira harus dilanjutkan, premanisme harus dihancurkan," teriak Koordinator Aksi, Agam Mustafa disambut yel-yel "Hidup Mahasiswa" oleh massa lainnya.

Menurut Mustafa, kelompok menamakan diri Forum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menolak pemira tiga hari lalu karena menilai SidangUmum (SU) cacat hukum, tetapi mereka tak dapat membuktikan kecacatan itu, termasuk di hadapan pakar-pakar hukum ketika rapat dengan dekanat tiap-tiap fakultas pada H-1 pemira.

Sebelum mengakhiri unjukrasa, Agam Mustafa membacakan tuntutan mereka di hadapan Pembantu Rektor (Purek) III Unsyiah DR Rusli Yusuf yang menjumpai pengunjukrasa. Selanjutnya, massa melaukan doa bersama sebelum bubar. Aksi sekitar satu jam ini berlangsung tertib, namun Kapolsek Syiah Kuala AKP Yusuf Hariadi dan anggotanya tetap mengawal.

Sedang proses
Usai unjuk rasa, Purek III Rusli Yusuf ketika ditanyai wartawan tentang persoalan ini, mengatakan pemira ulang sedang proses mencari format agar nanti hasilnya bisa diterima seluruh mahasiswa, namun tetap diusahakan siap dalam waktu cepat.

"Rektor sudah mengeluarkan surat edaran untuk membuat format proses pemira bisa diterima semuanya. Proses menyiapkan format melalui saya ini melibatkan semua pihak dalam organisasi intra kampus di Unsyiah. Soal Sidang Umum (SU) adalah persoalan teknis, yang penting nanti bisa diterima semuanya agar proses demokrasi di kalangan mahasiswa aman dan damai," jawab Rusli.

Seperti diberitakan dua hari lalu, Pemira Unsyiah rusuh. Seratusan mahasiswa dari Forum BEM berbagai fakultas membakar kotak suara, seperti di FKIP. Saat aksi serupa hendak dilakukan di Fakultas Kedokteran (FK), terjadi perlawanan dari mahasiswa di kampus tersebut. Akibatnya kedua kelompok mahasiswa ini saling lempar dan dorong-mendorong, tetapi cepat diatasi polisi.(sal)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mahasiswa Unsyiah Demo Tuntut Pemira Diulang

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/12/mahasiswa-unsyiah-demo-tuntut-pemira.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahasiswa Unsyiah Demo Tuntut Pemira Diulang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahasiswa Unsyiah Demo Tuntut Pemira Diulang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger