Banda Aceh Raih IGA 2012

Written By Unknown on Sabtu, 08 Desember 2012 | 16.24

Sabtu, 8 Desember 2012 14:52 WIB


* Unggul Karena Program Musrena

BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh berhasil meraih Innovative Government Award (IGA) 2012 untuk kategori tata kelola pemerintahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan tersebut diterima Wakil Wali Kota Banda Aceh, Hj Illiza Sa'aduddin Djamal, di Jakarta, Jumat (7/12).

Humas Pemko Banda Aceh melalui rilis yang diterima Serambi kemarin menyebutkan, empat kabupaten/kota yang menerima penghargaan IGA 2012 yakni, Kota Banda Aceh, Tangerang, Sumedang, dan Ponorogo.

"Empat kabupaten/kota yang menerima penghargaan IGA 2012 akan menjadi contoh bagi daerah lain, saya berharap semua daerah di Indonesia mampu menciptakan kegiatan yang dapat meningkatkan kemandirian melalui berbagai inovasi," kata Diah Anggraeni, Sekjen Depdagri, seperti dikutip Humas Pemko Banda Aceh.

Dikatakan, empat kategori yang menjadi penilaian untuk mendapat penghargaan IGA yakni, tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan daya saing. IGA dilaksanakan sejak 2007, adalah salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan Kemendagri atas penyelenggaraan pemerintahan daerah seperti diamanatkan dalam Pasal 219 UU Nomor 32 Tahun 2004.

Untuk kategori Tata Kelola Pemerintahan, diraih Kota Banda Aceh dengan program Musyawarah Rencana Aksi Perempuan (Musrena), dan menyisihkan nominator lainnya, yaitu Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Sumbawa Barat.

"Penghargaan ini milik warga Kota Banda Aceh, tanpa dukungan masyarakat tentu program itu tidak terlaksana dengan baik," kata Illiza Sa'aduddin Djamal, usai menerima penghargaan tersebut.

Untuk kategori Pelayanan Publik diraih Kota Tangerang dengan program Multiguna. Kategori Pemberdayaan Masyarakat diraih Kabupaten Ponorogo (program Sertifikasi Tanah demi Menumbuhkan Wirausahawan Baru). Dan kategori Daya Saing diraih Kabupaten Sumedang dengan program Sumedang Puseur Budaya Sunda.(rel/yat)

* sekilas tentang musrena
- Musyawarah Rencana Aksi Kaum Perempuan (Musrena) adalah instrumen utama pemerintah dalam mewujudkan kota ramah gender. Mekanisme Musrena dilakukan di tingkat gampong dan di tingkat kecamatan, berlanjut pada Forum Integrasi di tingkat Kota.
- Forum ini bertujuan membuka seluas-luasnya ruang partipasi bagi masyarakat, khususnya kaum perempuan, dalam keseluruhan proses pembangunan kota.
- Tujuan khusus metode perencanaan ini, memperkuat posisi perempuan dalam peroses pengambilan keputusan dan pembuatan arah kebijakan pembangunan yang selama ini didominasi oleh laki-laki.
- Peserta Musrena terdiri dari anggota PKK, anggota koperasi wanita terpilih, anggota pengusaha perempuan terpilih, anggota pengajian perempuan terpilih, aparatur kecamatan, dan Muspika.(yat/dbs)


Anda sedang membaca artikel tentang

Banda Aceh Raih IGA 2012

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/12/banda-aceh-raih-iga-2012.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banda Aceh Raih IGA 2012

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banda Aceh Raih IGA 2012

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger